No menu items!

BI Perpanjang Insentif DP Nol Persen KPR, Tren Positif Properti Berangsur Pulih

Must Read

Masyarakat bisa memanfaatkan insentif down payment (DP) 0 persen dalam kredit kepemilikan rumah (KPR).

Hal ini lantaran kebijakan perpanjangan pelonggaran rasio loan to value (LTV) dan financing to value (FTV) untuk KPR yang diberlakukan Bank Indonesia (BI) hingga 31 Desember 2023 mendatang.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menilai keputusan BI untuk memperpanjang insentif tersebut dapat mempertahankan tren positif di sektor properti yang berangsur pulih.

“Stimulus DP Nol Persen bagi masyarakat harus tetap diberikan demi mempertahankan geliat positif sektor properti di tanah air,” kata Marine dalam keterangan resminya, Kamis (27/10/2022).

Terlebih, belakangan terlihat adanya tren kenaikan suku bunga acuan sentral, termasuk BI-Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) yang kini berada di level 4,75%.

Menurut Marine, tren tersebut perlu diiringi dengan insentif dari pemerintah. Insentif DP Nol Persen yang diberlakukan sejak tahun lalu memiliki dampak signifikan dalam arus ekonomi di industri properti.

Industri ini memacu 174 sektor sehingga dapat memberikan multiplier effect bagi pemulihan ekonomi nasional.

Marine memprediksi lewat stimulus DP Nol Persen ke depannya sentimen di sektor properti dapat lebih terjaga.

Dia menuturkan kebijakan pemerintah pada 2022 ini telah mendorong pasar properti membaik dan tumbuh positif.

Di sisi lain, dia mengkhawatirkan kondisi ekonomi tahun depan yang diproyeksikan akan gelap. Hal ini dipicu oleh perlambatan ekonomi global yang masih akan berlanjut.

“Meskipun demikian, industri properti di tanah air masih bisa optimistis dengan adanya perpanjangan pelonggaran LTV dan masih tingginya harga komoditas ekspor,” papar dia. (DM05)

Latest News

Masif dan Agresif Pertamina Lanjutkan Eksplorasi Dukung Ketahanan Energi

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina berkomitmen memberikan kontribusi terbaiknya pada pencapaian ketahanan energi negeri. Dalam...

More Articles Like This