No menu items!

Kementerian PUPR Siap Kucurkan Anggaran, IKN Nusantara Mulai Dibangun Agustus 2022

Must Read

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dimulai pada Agustus 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan mulai bulan ini pihaknya telah memulai tender untuk pengerjaan land development, istana negara, kantor wakil presiden, kantor kementerian koordinator, dan kantor-kantor kementerian.

Selain itu, dilakukan juga lelang proyek infrastruktur dasar lainnya seperti pekerjaan drainase, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang akan menjadi akses ke IKN, serta jalan nasional yang menuju Kawasan Sumbu Kebangsaan.

“Kalau ini sudah ada pemenang lelangnya, ini sedang siap-siap [pembangunan], mungkin [Agustus],” kata Basuki di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Basuki mengatakan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menyiapkan anggaran yang akan dikucurkan untuk pembangunan IKN pada tahun ini.

Anggaran tersebut, kata dia, telah siap dan hanya tinggal menunggu masuk dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Kementerian PUPR.

“Sudah [siap anggaran] lagi disusun DIPA-nya, sambil itu kita tender,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR menyatakan masih belum menerima alokasi anggaran untuk pembangunan IKN Nusantara di tahun ini.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengaku telah menyusun dan meminta alokasi anggaran pembangunan IKN ke Kemenkeu.

Akan tetapi, hingga kini alokasi tersebut masih belum masuk ke dalam daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) Kementerian PUPR.

“Di DIPA kami tidak ada, tapi kami harus sudah mempersiapkan sejak tahun ini sampai 2024,” kata Diana, Selasa (7/6/2022).

Adapun, Kementerian PUPR memproyeksikan kebutuhan anggaran untuk memulai sejumlah pekerjaan di IKN pada tahun ini diperlukan anggaran sebesar Rp 2 triliun-Rp3 triliun. (DM05)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This