No menu items!

Riskan Gaes! Hapus Segera 6 Aplikasi Ini dari HP Sekarang Juga!

Must Read

Coba perhatikan aplikasi yang ada di ponsel milikmu, apakah kamu yakin jika semua aplikasi tersebut aman? Sebab, ternyata ada sejumlah aplikasi yang diam-diam menyusup ke handphone dan tanpa disadari bisa membahayakan data pribadi apalagi perbankan.

Enam di antaranya adalah aplikasi di bawah ini yang ternyata aplikasi berbahaya. Karena itu disarankan untuk segera menghapus aplikasi yang akan disebutkan di bawah, sebagaimana dikutip dari Forbes, Selasa (31/5/2022).

Dilaporkan Bleeping Computer pada Maret silam, NCC Group yang merupakan pengamat keamanan pertama kali menyingkap aplikasi yang seharusnya antivirus ternyata penyebar SharkBot trojan. Daftarnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Antivirus, Super Cleaner
  2. Atom Clean-Booster, Antivirus
  3. Alpha Antivirus, Cleaner
  4. Powerful Cleaner, Antivirus
  5. Dua aplikasi lainnya bernama sama yakni Center Security – Antivirus.

Setelah pelaporan detail kepada Google, akhirnya semua aplikasi ini disingkirkan dari Play Store pada 3 Maret-27 Maret. Akan tetapi, jika kamu sudah terlanjur menginstall aplikasi ini dan aplikasi ini masih ada di HP kamu, dianjurkan untuk segera menghapus aplikasi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

“Malware ini mencuri kredensial dan informasi perbankan. Ini jelas sangat berbahaya. Melihat jumlah penginstalan, kami dapat berasumsi bahwa pelaku ancaman tepat sasaran karena metode penyebaran malware mereka.

Pelaku ancaman secara strategis memilih lokasi aplikasi di Google Play yang memiliki kepercayaan pengguna,” kata Alexander Chailytko, manajer keamanan siber, penelitian dan inovasi di Check Point Software.

Selain menghapus aplikasi, disarankan untuk segera mengganti password banking yang kamu gunakan di HP. Tidak ada salahnya melakukannya sebagai langkah antisipasi. (DM05)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This