No menu items!

Proyeksi BI : Inflasi Diprediksi Tembus 4,2 Persen pada Akhir Tahun 2022

Must Read

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan laju inflasi di 2022 akan lebih tinggi dari target pemerintah yang sebesar 3 ± 1%. Proyeksi BI inflasi hingga akhir tahun ini akan menyentuh 4,2%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan potensi inflasi yang melebihi perkiraan itu didorong oleh kenaikan harga-harga komoditas global yang kemudian memengaruhi pergerakan harga di dalam negeri.

“Memang kecenderungan inflasi ini akan meningkat. Perkiraan kami ke depan untuk akhir tahun ini kemungkinan inflasi sedikit di atas sasaran, 4,2%,” ujar Perry dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (31/5/2022).

Meski begitu, Perry menyebut bank sentral dan pemerintah akan terus berkoordinasi untuk memastikan inflasi tetap terjaga. Di tahun depan, BI memperkirakan inflasi masih seperti target tahun ini yakni 3 ± 1% atau 2-4%.

“Koordinasi yang erat antara pemerintah dan BI baik melalui fiskal moneter, penguatan tim pengendalian inflasi di pusat maupun daerah, maupun respons dari sisi moneter, kami perkiraan tahun depan inflasi bisa kembali pada sasaran yaitu 3 ± 1% pada 2023,” jelasnya.

Selain itu, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 mencapai 4,7-5,5% atau sedikit lebih tinggi dibandingkan ramalan tahun ini 4,5-5,3%.

Untuk nilai tukar rupiah diperkirakan berada pada rentang Rp 14.400-14.800/US$, lebih lemah dibandingkan perkiraan tahun ini yaitu Rp 14.300-14.700/US$.

“Kami akan terus menjaga stabilitas nilai tukar sesuai mekanisme pasar dan fundamental. Kemudian suku bunga kami terus pertahankan sampai dengan ada tanda-tanda inflasi, sementara normalisasi kebijakan moneter kami mulai dari kenaikan giro wajib minimum (GWM) secara bertahap dengan tetap menjaga kemampuan perbankan untuk menyalurkan kredit kepada dunia usaha,” imbuhnya. (DM05)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This