No menu items!

Konektivitas Jadi Fokus DEWG G20 Untuk Kembangkan Transformasi Digital

Must Read

Side event dari G20 adalah Digital Economy Working Group (DEWG) yang memiliki tiga fokus bahasan, yakni Connectivity and Post Covid-19 Recovery, Digital Skills and Digital Literacy, dan Cross-Border Data Flow and Data Free Flow with Trust.

Mira Tayyiba selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika sekaligus Chair of G20 DEWG, mengatakan bahwa dalam second meeting DEWG G20 di Yogyakarta pada tanggal 17-19 Mei 2022 lalu, forum tersebut berfokus dalam membahas isu pertama, yaitu Connectivity and Post Covid Recovery.

Artinya menurut Mira, isu transformasi digital bukan sesuatu yang terjadi karena pandemi. Bahkan dia mengatakan sebelum pandemi sudah banyak negara yang berusaha melakukan transformasi digital.

Untuk itu agar mencapai target tersebut, dibutuhkan konektivitas yang memadai yang dapat dicapai melalui infrastruktur digital.

“Jadi yang pertama kita bangun adalah infrastruktur digitalnya. Setelah itu tersedia, kita ingin memastikan masyarakat tidak hanya mengakses, namun juga bisa memberdayakan, sehingga alatnya untuk membangun produktivitas adalah literasi dan kecakapan digital,” ujar Mira.

Selain itu dia juga menambahkan, meski infrastruktur sudah tersedia, namun arus data juga harus ditata dan dikelola dengan baik. Untuk itu, cross border data flow and data free flow with trust dikatakannya sangat dibutuhkan dalam hal ini.

“Kita tidak bisa menghalangi data itu mengalir keluar Indonesia,” terangnya.

Data kelola tersebut juga berkaitan dengan rencana RUU Perlindungan Data Pribadi yang tengah dibahas dan menjadi prioritas. Saat ini, pihaknya sedang menunggu undangan dari DPR untuk melakukan pembahasan.

“Pembahasan sudah dilakukan dalam beberapa tahap atau putaran, baik di antara pemerintah maupun DPR. Sepemahaman saya juga ada bagian yang mengundang para ahli, jadi mungkin diperlukan pandangan dari sisi yang berbeda dari pemerintah,” tambahnya lagi.

Untuk pembahasan perlindungan data, Mira berharap dapat cepat selesai karena hal tersebut menjadi instrumen utama dalam melindungi cross border data flow. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This