No menu items!

BTN Catat Volume Transaksi QRIS dari Merchant Usaha Mikro (UMi) Capai Rp 1,4 Miliar

Must Read

PT Bank Tabungan Negara Indonesia (Persero) Tbk menilai kebijakan perpanjangan MDR 0% bagi merchat segmen Usaha Mikro (UMi) sangat membantu transaksi QRIS.

Direktur Operation, IT and Digital Banking BTN Andi Nirwoto menyatakan pelaku usaha UMI berkontribusi sebesar 10 % dari jumlah merchant yang melakukan transaksi di BTN pada bulan April.

“Selain itu dari sisi akuisisi, masih terdapat banyak merchant yang mengharapkan adanya perpanjangan ketentuan MDR 0% untuk kategori merchant UMI. Dengan adanya perpanjangan ini kami harapkan dapat meningkatkan transaksi QRIS khususnya untuk merchant UMI tersebut,” paparnya kepada Kontan.co.id pada pekan lalu.

Andi melihat sektor UMi merupakan sektor yang cukup strategis khususnya dalam mendukung pergerakan ekonomi bagi masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari jumlah transaksi oleh sektor UMi di Bank BTN jumlah transaksinya mencapai 10% dari total transaksi merchant dimana pada bulan April tercatat jumlah transaksi merchant kategori UMI sebanyak 11,936 transaksi dengan sales volume sebesar Rp 1,4 miliar.

BTN mencatatkan at jumlah transaksi QRIS mencapai 15.280 transaksi dengan volume transaksi sebesar Rp 4,1 miliar pada Apri 2022. Sementara jumlah transaksi QRIS Januari hingga April 2022 mencapai 45.346 transaksi dengan volume transaksi Rp 10,2 miliar.

Transaksi QRIS dibank BTN sendiri banyak digunakan di merchant- merchant dengan kategori makanan dan minuman. coffeshop, rumah sakit daerah dan minimarket serta toko kelontong.

Hal ini memperlihatkan bahwa nasabah BTN telah menggunakan QRIS dalam memenuhi kebutuhan hariannya dan diharapkan dapat berdampak positif terhadap penggunaan layanan digital Bank BTN secara keseluruhan

“Kami menetapkan target transaksi QRIS Bank saat ini masih dapat tumbuh sebesar 30 % yoy,” tambahnya. (DM05)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This