No menu items!

Pemerintah RI Dorong Gas Bumi Sebagai Jembatan Transisi Energi

Must Read

Karena mengingat potensi di dalam negeri masih menjanjikan dan layak menjadi jembatan transisi energi. Pemerintah Indonesia akan terus mendorong di kembangkannya gas bumi untuk mencapai target 12 miliar standar kaki kubik per hari pada 2030.

“Berdasarkan potensi migas yang ada, sangat tepat dan layak apabila gas dikatakan sebagai energi transisi menuju energi terbarukan. Saat ini, pemanfaatan gas untuk dalam negeri mencapai 62 persen,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, pada hari Selasa, 31 Mei 2022.

Tutuka menyebutkan bahwa pemanfaatan gas domestik sebesar 62 persen itu terutama digunakan untuk sektor industri, pabrik pupuk dan kelistrikan. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan beberapa tahun silam di mana produksi gas sebagian besar diekspor.

Sementara itu potensi gas Indonesia menurutnya diharapkan cukup besar adalah Blok Andaman I, II dan III.

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Premier Oil melakukan pengeboran sumur eksplorasi Timpan-1 pada 10 Mei 2022. Sumur eksplorasi lepas pantai tersebut terletak di Blok Andaman II yang berjarak 150 kilometer sebelah utara Kota Lhokseumawe dengan kedalaman air laut 4,236 kaki.

SKK Migas mengungkapkan bahwa pengeboran eksplorasi itu untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan gas bumi yang terdapat pada struktur Timpan yang berada di bagian barat Blok Andaman II.

Sumur Timpan-1 dibor secara vertikal dengan menggunakan anjungan pengeboran Drill Ship West Capella. Sumur itu ditajak dengan rencana kedalaman akhir sumur di 14,457 kaki MDRT dan termasuk ke dalam kategori laut dalam.

Sementara itu program pengeboran sumur Timpan-1 diperkirakan akan dilaksanakan dalam waktu tiga bulan ke depan dan saat ini status operasi pengeboran sumur Timpan-1 sedang melakukan pengeboran lubang 26 inci.

Pengeboran eksplorasi tahun ini ditargetkan oleh SKK Migas sebanyak 42 sumur sebagai langkah untuk mendorong ditemukannya cadangan gas bumi baru. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This