No menu items!

Kampanye Perubahan Iklim “Be Seen Be Heard” Oleh The Body Shop

Must Read

The Body Shop Indonesia, jenama produk kecantikan merilis kampanye “Be Seen Be Heard”. Kampanye yang ditujukan untuk mengangkat peran dan suara kaum muda agar lebih aktif lagi menghadapi isu perubahan iklim.

Pada awal Mei, The Body Shop telah meluncurkan kampanye “Be Seen Be Heard” di Kantor Utusan Pemuda Sekretaris Jenderal PBB, bersamaan dengan penerbitan laporan “Be Seen Be Heard yakni Memahami Partisipasi Politik Anak Muda”.

Dalam sektor publik peran anak muda sangat dibutuhkan terutama dengan adanya isu krisis iklim, konflik global dan ketidakselarasan generasi yang kian tajam. Sehingga sangat penting untuk mendengarkan pendapat, perspektif dan representasi dari kaum muda.

Head of Values, Community, and PR The Body Shop Indonesia Ratu Ommaya mengatakan bahwa pihaknya memandang jika kaum muda sekarang tidak memiliki kesempatan untuk bersuara dan ikut menjadi bagian dari pengambilan keputusan.

Sementara itu berdasarkan data dari The Body Shop Global Youth Survey bersama Indikator Politik Indonesia dan Yayasan Indonesia Cerah, menyebutkan terdapat sebanyak 84 persen responden setuju bahwa isu perubahan iklim perlu segera diatasi, tetapi dalam kenyataannya banyak juga yang masih menganggap ini adalah masalah generasi muda berikutnya.

“Kalau kita lihat, betapa ironisnya bahwa ada 84 persen orang yang setuju bahwa isu perubahan iklim ini harus segera diatasi dan harus ada aksi nyata, tetapi hanya sedikit yang baru bisa bersuara atau baru bisa melakukan aksinya,” kata Ratu dalam webinar secara virtual, pada Senin, 30 Mei 2022.

Secara umum, kampanye “Be Seen Be Heard” dilakukan agar tercipta perubahan struktural jangka panjang untuk pengambilan keputusan agar lebih inklusif terhadap kaum muda.

The Body Shop ingin mengajak kaum muda untuk lebih “dilihat dan didengar” atau “Be Seen Be Heard” agar bisa berperan aktif dan menjadi pembawa perubahan (change maker) terkait isu iklim yang terjadi di Indonesia.

“Dalam isu perubahan iklim pada kampanye “Be Seen Be Heard” ini akan berlangsung sampai tiga tahun. Jadi ini bukan komitmen kecil, tapi komitmen yang besar dari The Body Shop bahwa dalam tiga tahun semoga memang ada perubahan nyata yang bisa terjadi,” kata Ratu.

The Body Shop akan melakukan kampanye tersebut secara beberapa tahap. Untuk tahun pertama, The Body Shop akan fokus untuk membangun kesadaran (awareness) dan edukasi.

Kemudian di tahun berikutnya, diharapkan kampanye dapat memunculkan para “climate champions” yang bisa memimpin aksi-aksi nyata untuk mengatasi isu perubahan iklim.

Pada kampanye “Be Seen Be Heard”, The Body Shop menjalin kerja sama dengan organisasi Carbon Ethics dan Teens Go Green Indonesia.

The Body Shop juga memperkenalkan tes “How Sustainable are You?.” Tujuan tes ini adalah untuk mendapatkan hasil berupa pengukuran terkait gaya hidup ramah lingkungan yang selama ini dijalankan. Tes ini bisa diakses melalui website resmi The Body Shop. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This