No menu items!

Bangkitnya Kembali Sektor Pariwisata di Indonesia

Must Read

Bangkitnya sektor pariwisata di Indonesia disambut dengan baik. Kembali bangkitnya dunia pariwisata bisa dilihat pada periode April- Mei 2022 yakni saat bersamaan dengan diperbolehkannya kegiatan mudik.

Hal tersebut disampaikan oleh Chief Marketing Officer (CMO) Traveloka Shirley Lesmana, yang menyebutkan bahwa wisata di Indonesia kembali mulai bergairah.

“Kami melihat April dan Mei bisa dibilang terjadi peningkatan signifikan pada pariwisata (Indonesia). Terlihat dari tingkat pemesanan untuk produk travel yang mengalami kenaikan- kenaikan. Dimulai dari transportasi, baik pesawat, kereta, bus, hingga shuttle terlihat ada peningkatan 40- 56 persen,” kata Shirley saat konferensi pers hybrid bersama Traveloka di Jakarta, pada hari Senin, 30 Mei 2022.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang mengindikasikan pariwisata Indonesia kembali hidup, yakni tercatat peningkatan untuk pemesanan akomodasi seperti hotel, vila, resort, dan apartemen yang mencapai dua kali lipat.

Shirley menilai kembali bergairahnya pariwisata di Indonesia akibat diberlakukannya regulasi dan relaksasi yang disesuaikan dengan penanganan COVID-19 oleh Pemerintah Pusat.

“Peningkatan ke arah positif ini tidak cuma berasal dari wisatawan domestik, tapi juga dari wisatawan internasional. Ini berkat relaksasi regulasi seperti pembukaan batas negara untuk mendukung pemulihan pariwisata,” ucap Shirley.

Sementara itu cakupan vaksinasi COVID-19 yang mencatat lebih dari 70 persen ini juga ikut mempengaruhi atas meningkatnya kepercayaan dan rasa aman para wisatawan untuk berwisata di Indonesia.

VP of Commercial Traveloka John Safenson menyampaikan cakupan vaksinasi yang sudah baik di Indonesia ikut berpengaruh pada peningkatan positif sektor pariwisata.

“Dari data yang ada, saat ini kekhawatiran pelaku perjalanan melakukan wisata sudah cenderung menurun dan minatnya justru menaik. Ini dampak yang kami lihat dalam permintaan konsumen yang masuk ke Traveloka,” kata John. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This