No menu items!

Business Plan, Jurus Jitu Membangun Bisnis yang Baik

Must Read

Membangun sebuah bisnis memang tidak hanya cukup dengan modal saja, tetapi juga perlu dengan perencanaan yang matang serta strategi saat akan memulainya.

Untuk itu sangat penting merencanakan bisnis sebelum memulai bisnis apapun. Perencanaan bisnis ini sering disebut dengan business plan. Seperti ketika akan perang, seseorang maupun organisasi harus paham dengan medan perang yang akan dilaluinya.

Jika dijabarkan dengan detail, seperti halnya arti yang dimilikinya, maka business plan adalah merupakan langkah yang harus dilakukan untuk merencanakan suatu bisnis yang ditulis dalam sebuah dokumen serta merangkum tujuan bisnis, operasional bahkan keseluruhannya.

Sementara itu dalam business plan, Anda akan merencanakan masalah pendanaan, pendapatan, pasar, hingga pengeluaran bisnis. Contohnya saja pengeluaran bisnis untuk berlangganan cloud hosting khusus untuk perusahaan.

Tidak kalah pentingnya misalnya saja hal lainnya seperti Anda ingin menggunakan Hostinger Indonesia agar nantinya dapat menjangkau pasar lebih luas. Masalah-masalah seperti inilah yang harus diperhatikan ketika membuat business plan.

Beberapa Komponen dalam Business Plan

Sebelum menerapkan bisnis plan, perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai macam komponen yang berada di dalam business plan ini, di antaranya seperti ringkasan eksekutif, analisis produksi atau jasa, analisis pemasaran, analisis SDM dan keuangan.

Tidak hanya itu, business plan juga harus memaparkan visi, misi dan tujuan bisnis, baik jangka pendek, menengah ataupun panjang.

Lakukan analisis kondisi perusahaan para competitor agar dapat membuat business plan secara efektif, dalam ppromosinya Anda dapat menyebutkan nama competitor kemudian beritahu apa hal yang menjadi pembeda antara perusahaan Anda dengan perusahaan kompetitor. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This