No menu items!

Kemen PPPA Dorong Partisipasi Wanita di Bidang Siber Untuk Hindari Penipuan di Internet

Must Read

Menyikapi kasus penipuan yang marak di internet terutama pada kaum perempuan. Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N. Rosalin mendorong perempuan untuk berpartisipasi di bidang cyber security.

“Kalau misalnya kita melihat kasus-kasus yang berawal dari internet, itu kan korbannya hampir sebagian besar adalah perempuan dan anak perempuan,” kata Lenny dalam acara Indonesia Women in Cyber Security (IWCS) Annual Summit 2022, yang diikuti di Jakarta, pada hari Senin, 23 Mei 2022.

Menurutnya di era digital seperti sekarang ini, perempuan telah mengalami banyak tantangan ditambah lagi dengan kondisi pandemi COVID-19, diantaranya meningkatnya beban kerja rumah tangga, pengasuhan dan perawatan dan banyak perempuan yang menjadi penopang ekonomi keluarga karena suaminya meninggal.

“Beban kerja rumah tangga, pengasuhan dan perawatan itu semakin tinggi pada perempuan dan dengan banyak sekali perempuan ditinggal meninggal suaminya karena COVID-19 yang akhirnya tiba-tiba dia menjadi penopang ekonomi keluarga,” katanya.

Dia juga menambahkan bahwa perempuan adalah pendidik pertama dan utama dalam keluarga sehingga sangat perlu untuk memiliki kemampuan literasi digital yang baik.

“Dia punya beban tinggi, tetapi di satu sisi skill dan kemampuannya masih terbatas,” katanya lagi.

Untuk itu, pihaknya mendorong agar perempuan memiliki pengetahuan yang memadai dalam dunia keamanan siber agar dapat menjaga diri dari berbagai aksi kejahatan yang terjadi di dunia maya.

“Jadi penting sekali perempuan untuk kita berikan perspektif lain dalam masalah cyber security ini sehingga mereka bisa melindungi dirinya juga,” kata Lenny. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This