PT PGN Tbk atau Perusahaan Gas Negara (PGN) adalah perusahaan nasional Indonesia terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan penting dalam pemenuhan gas bumi domestik.
Untuk mendukung pencapaian target satu juta pelanggan jaringan gas rumah tangga per tahun. PT PGN Tbk sebagai Sub holding PT. PERTAMINA ( Persero), terus mempercepat transformasi bisnis berbasis digital dan Marketing 3.0, terutama selama masa pandemi COVID-19.
“Kami terus memperluas jangkauan pelanggan dan saat ini tengah melakukan megaproyek jaringan gas rumah tangga untuk satu juta pelanggan per tahun melalui produk GasKita. Strategi bisnis berbasis digital itu dilakukan agar bisa terhubung secara lebih luas dengan masyarakat,” kata Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz dalam keterangannya di Jakarta, pada Jumat, 20 Mei 2022.
Menurut Aziz, saat ini platform digital sudah sangat akrab dengan masyarakat. Oleh karena itu melalui platform digital, PGN berupaya aktif untuk menjangkau masyarakat.
“Kami menjawab segala pertanyaan tentang gas bumi melalui chat WhatsApp di nomor 081511500645,” lanjut Faris.
PGN juga aktif melakukan kampanye secara digital. Beberapa kampanye digital itu antara lain, pada 2021 digital advertising Gaskita mencapai 3,4 juta impression dan 150.000 engagement di media sosial. Kemudian, lebih dari 10 persen pelanggan baru mendaftar melalui online.
PGN juga bekerja sama dengan Tokopedia untuk memudahkan pelanggan dalam membayar tagihan gas terutama selama masa pandemi.
“Bersama Tokopedia, PGN pernah membuat social campaign digital dan mendapatkan international recognition. PGN dan Tokopedia membantu UMKM kuliner pelanggan PGN dengan membuat special page bernama Dapur Gaskita, yang mana pengguna Tokopedia bisa membeli kuliner dari pelanggan PGN tersebut,” jelas Faris.
Kerja sama digital antara PGN dengan Tokopedia diharapkan bisa berdampak pada pemulihan ekonomi bagi UMKM terutama di masa pandemi.
Pada 2021 penyerapan gas rumah tangga (Gaskita PGN) sekitar 5,5 BBTUD, ikut berkontribusi pada penurunan subsidi gas tabung Rp330 miliar per tahun. Pelanggan yang menggunakan produk Gaskita, akan mendapatkan jaminan keuntungan penggunaan gas bumi yang lebih praktis, aman, dan modern.
PGN pun melakukan percepatan Jargas melalui Program Sejuta Rumah (PSR), dengan sasaran rusun Perum Perumnas di lokasi berbasis transit oriented development yakni Semesta Mahata Serpong Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, dan Semesta Mahata Tanjung Barat, Jakarta.
Bagi pelanggan yang jauh dari jaringan pipa, bisa menggunakan produk Gaslink . Pada Desember 2021, PGN meluncurkan varian GasLink Cylinder yang menyasar restoran dan usaha kecil.
“Dengan beralih ke GasLink, pelanggan akan mendapatkan kepraktisan dan penghematan biaya lebih dari 10 persen,” ujar Faris.
Melalui penerapan strategi Marketing 3.0, PGN menjadi perusahaan yang bertanggung jawab terhadap kepentingan perusahaan, sosial, dan lingkungan.
Pada masa peralihan energi, PGN menilai dampak positif gas terhadap lingkungan dapat
mengurangi emisi karbon sesuai target net zero emission pada 2060.
Untuk diketahui, gas bisa menghasilkan CO2 sebesar 52,91 kg/MMBTU, lebih rendah 30 persen dari BBM dan lebih rendah 16 persen dari LPG.
Penurunan emisi karena konversi ke gas bumi mencapai 774.000 ton CO2 per tahun di PLTMG Sorong (sektor kelistrikan), penurunan emisi kilang 217.000 ton CO2 pada 2021 (energi primer), dan penurunan karbon pada Jargas 20.000 ton CO2 pada 2021.
Berkat pencapaian transformasi bisnis tersebut, PGN pun meraih penghargaan BUMN Entreprenurial Marketing Award 2022 Markplus Inc sebagai “The Most Promising Company in Strategic Marketing Bronze Winner” dan “The Most Promising Company in Marketing 3.0 Bronze Winner” kategori Anak Perusahaan BUMN.
“Penghargaan ini mendorong PGN menciptakan inovasi strategi bisnis maupun layanan sesuai perkembangan teknologi. Dengan target penambahan pelanggan yang besar di berbagai daerah di Indonesia, platform digital menjadi salah satu tools PGN ke depan agar pelanggan terlayani dengan optimal,” ujar Faris. (DM06)