No menu items!

Dirut RSPI Sulianti Saroso Dinobatkan Sebagai Juru Bicara Kementerian Kesehatan

Must Read

Direktur utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril dinobatkan sebagai juru bicara (jubir) oleh Kementerian Kesehatan. Pengangkatan secara resmi tersebut disahkan melalui keputusan Menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1053/2022 tentang Juru Bicara Kementerian Kesehatan.

“Saya saat ini ditugasi tambahan sebagai Jubir. Mudah-mudahan dengan doa dan kebersamaan kita dapat mengambil amanah ini dengan baik,” ujar Syahril lewat keterangannya yang dikutip pada Kamis, 19 Mei 2022.

Berdasarkan surat keputusan tertanggal 1 April 2022 Syahril ditugaskan untuk menyampaikan informasi terkait program bidang kesehatan dan melakukan komunikasi publik terkait program bidang kesehatan berdasarkan strategi komunikasi yang ditetapkan.

Sebagai jubir ia bertugas mendampingi pejabat yang berwenang memberikan informasi di lingkungan Kementerian Kesehatan pada saat wawancara atau jumpa pers terkait program bidang kesehatan, dan melaksanakan fungsi lain yang relevan dengan upaya membangun sinergi komunikasi terkait program bidang kesehatan.

Direktur utama RSPI Sulianti Saroso ini sebelumnya pernah dinobatkan sebagai Dokter teladan Nasional pada tahun 1994, dan pernah meraih sejumlah penghargaan diantaranya penghargaan Abdi Satya Bhakti dari Prestasi tahun 1997, kemudian The Best of Indonesia Wow service Excellece Award kategori General Hospital A Classical tahun 2015, penghargaan akreditasi internasional RS dari JCI tahun 2016 dan 2020, serta penghargaan PERSI Golden Award 2020 serta Paramakarya Dharmartha Husada.

Jabatan Mohammad Syahril sebagai jubir kementerian kesehatan ini sebelumnya ditempati oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi yang saat ini telah diangkat menjadi Juru Bicara Kementerian Kesehatan pada Penyelenggaraan Rangkaian Pertemuan Bidang Kesehatan dalam Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/1133/2022, Nadia ditugaskan menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan dalam G20 dan melakukan komunikasi publik terkait penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan dalam G20 berdasarkan protokol komunikasi yang ditetapkan.

Ia juga diminta mendampingi pejabat yang berwenang memberikan informasi penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan dalam Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 pada saat wawancara atau jumpa pers terkait G20, serta melaksanakan fungsi lain yang relevan dengan upaya membangun sinergi komunikasi terkait penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan G20.

Nadia berterima kasih kepada wartawan atas kerja sama selama hampir 1,5 tahun menjadi Jubir Kemenkes. “Prinsipnya kita terus mengedukasi dan memberikan literasi kepada masyarakat, terutama pada saat pandemi,” kata Nadia.

Siti Nadia Tarmizi sendiri merupakan lulusan fakultas kedokteran universitas Indonesia yang pernah meraih Magister Epidemiologi dan Bhakti karya Husada Dwi windu. Namanya sempat ramai menjadi pembicara di media sosial terkait petisi batalkan kartu vaksin, karena kebijakan terbaru pemerintah yang dianggap tidak adil yakni aturan baru yang menekan semua pihak yang memasuki areal mall wajib sudah divaksinasi.

Sebelum menjabat sebagai Direktur pencegahan dan pengendalian penyakit menular, ia pernah menjabat sebagai direktur pencegahan dan pengendalian penyakit tular vektor dan zoonotik sejak tahun 2018, Siti Nadia Tarmizi merupakan Manajer program AiDS Nasional di kementerian kesehatan Indonesia, ia memiliki tanggung jawab untuk mengelola program HIV dan IMS di indonesia, yakni bertanggung jawab menentukan diagnotik standar dan regimen pengobatan antiretroviral difasilitas kesehatan di seluruh Negeri. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This