No menu items!

Rumah Indonesia La Maison De L’Indonesie Kini Resmi Dibuka di Paris

Must Read

Bagi Anda pecinta kopi atau produk buatan Indonesia lainnya seperti jamu tradisional, kini bisa menyambut gembira dengan kehadiran galeri Nusantara di Montparnasse, Paris.

Rumah Indonesia atau La Maison De L’Indonesie (LMDI) ini telah resmi dibuka pada tanggal 18 Mei 2022 lalu di Paris, Prancis dengan menampilkan warung kopi, toko Indonesia, galeri atau pameran bertema nusantara.

Setelah dua tahun berdiri dengan mempromosikan berbagai produk Indonesia ditengah pandemi di berbagai pameran di Perancis dan selama 3 bulan menjalani renovasi total, akhirnya Rumah Indonesia (LMDI) secara resmi dibuka di Paris dan memiliki gedung sendiri secara permanen untuk lebih maksimal dalam mempromosikan produk Indonesia.

Rumah Indonesia LMDI ini berlokasi di daerah yang cukup strategis untuk bisnis dan wisata, karena terletak di daerah Montparnasse, tidak jauh dari stasiun Kereta Api Montparnasse yakni berlokasi di depan mal terbaru yang akan dibuka pada Juni 2022 dengan dilengkapi food court atau pusat makanan terbesar di Eropa (6000 m2).

Bukan itu saja, ada peta kopi nusantara yang diukir di atas kayu yang menunjukkan daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia serta juga ada 3 burung besar khas Indonesia yang dibuat dari kayu (Elang Jawa, Cenderawasih dan Enggang) dan lukisan mural sebesar 2 x 3 m terpajang di dinding yang berwarna-warni menampilkan budaya, tradisi, flora, dan fauna Indonesia.

Yang menarik di Rumah Indonesia (LMDI) akan dijual biji-biji kopi Indonesia dalam bentuk grosiran dan tanpa limbah, serta pengunjung bisa mengambil sendiri. Terdapat pula etalase produk-produk UMKM Indonesia dari bumbu-bumbu rempah, jamu, tepung-tepung alami, kecap kelapa, coklat Indonesia, moringa, teh Indonesia, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada warung Kopi Indonesia dimana para pengunjungnya bisa menikmati berbagai makanan khas Indonesia seperti nasi Uduk, nasi goreng, mie goreng dan mie ayam dengan cita rasa Indonesia dan berbagai menu yang berganti setiap hari, sambil menikmati sajian kopi, teh, coklat panas maupun jamu Indonesia.

Keunikan dari LMDI adalah kopi yang disajikan bukan hanya kopi internasional saja, tetapi ada kopi tubruk dan kopi Drip ala Indonesia serta minuman populer Indonesia seperti es kopi gula aren dan jamu tradisional yang dibuat dengan cara kekinian.

Di Rumah Indonesia juga tersedia VITO’s corner (Visit Indonesia Tourism Office) dimana tersedia brosur dan peta daerah-daerah wisata Indonesia yang dibuat oleh Kemenparekraf.

Rumah Indonesia kedepannya akan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti lokakarya, seni, Art atau photo expo, toko swalayan kecil atau mini market dan program-program lainnya untuk mempermudah mempromosikan pariwisata dan produk-produk Indonesia di Perancis. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This