Dalam rangka merayakan HUT ke-20, kini Starbucks menghadirkan dua minuman baru edisi terbatas di Indonesia. Periode peluncuran menu baru tersebut hanya tersedia pada 9-20 Mei 2022.
Kedua menu baru yang diluncurkan tersebut yakni Birthday Cake Frappuccino dengan dua varian yang terdiri White Chocolate dan Tiramisu dengan Twinkle Topping yang meriah.
Dua varian minuman terbaru itu sebagai bentuk merayakan dua dekade kehadiran Starbucks di Indonesia. Varian pertama dinamai White Chocolate yang terdiri dari coklat, hazelnut, susu dengan krim kocok dan taburan twinkle topping yang meriah.
Sementara varian kedua yakni tiramisu terdiri dari frappuccino roast coffee dengan rasa coklat, vanila, sirup karamel dan susu yang menciptakan sensasi tiramisu, dilengkapi dengan krim kocok dan toping warna-warni meriah.
“Dua puluh tahun ini adalah waktu yang luar biasa untuk jenama ini dan kami berharap bisa kembali merayakan 20 tahun mendatang,” kata pemimpin PT Sari Coffee Indonesia (SCI), pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, Anthony McEvoy di Jakarta, pada Selasa, 17 Mei 2022.
Starbucks juga akan memberikan sebuah ecobag dengan desain eksklusif
bagi pelanggan yang melakukan pembelian dua minuman ukuran Grande atau Venti. Ecobag ini dibagikan kepada pelanggan bertujuan mendorong konsumen untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
Selain itu, sejak 9 Mei
Starbucks juga telah meluncurkan tumbler 20th Anniversary bertema Sir Wave. Tumbler 20th Anniversary ini sudah tersedia di semua gerai Starbucks di seluruh Indonesia.
Pada 2022 ini, Starbucks berencana membuka gerai baru di 10 kota. Sejak pembukaan gerai pertamanya di Plaza Indonesia tahun 2002, Starbucks sudah memiliki 480 gerai di 36 kota.
Selama 20 tahun perjalanan bisnisnya, Starbucks mampu bertahan melalui berbagai tantangan dan perubahan. Bahkan sekarang tren meminum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya di Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi berkualitas terbaik di dunia.
Anthony menjelaskan bahwa Starbucks juga terus berupaya melakukan inovasi serta ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Upaya tersebut berupa ikut mengurangi limbah dengan menghilangkan lebih dari 30 juta sedotan plastik melalui pengenalan tutup tanpa sedotan pada tahun 2020. Sehingga beralih sepenuhnya ke cold cup yang dibuat dengan rPET (recycled polyethylene terephthalate) pada 2021. Kemudian Starbucks juga tetap menjalankan program bulanan Bring Your Own Tumbler di seluruh gerai di Indonesia.
Starbucks juga melakukan program daur ulang lain seperti Grounds for Your Garden, yakni menyediakan ampas kopi daur ulang yang berguna untuk menyuburkan tanah dan dibagikan secara gratis kepada pelanggan di Indonesia.
Beberapa program ramah lingkungan juga telah dirintis oleh Starbucks dalam upaya mengurangi sampah di gerai, termasuk program pengelolaan sampah di Surabaya dan membangun gerai pertama dengan panel surya untuk menyediakan energi baru dengan bertujuan mengurangi konsumsi listrik di Starbucks Drive-Thru Cipondoh, Tangerang.
Anthony menambahkan, bahwa Starbucks dalam jangka panjang akan tetap berkomitmen kepada komunitas kopi Indonesia dengan menyumbangkan 40.000 bibit kopi kepada petani kopi di Sumatera guna mendukung masa depan kopi. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 1 Oktober dalam rangka memperingati Hari Kopi Sedunia tahun ini. (DM06)