No menu items!

BRI Perkenalkan Pasar.id Untuk Memudahkan Transaksi di Pasar Raya Solok

Must Read

Agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan transaksi, Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Solok memperkenalkan program atau mengenalkan aplikasi Pasar.id dan Stroberi berbasis teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi di Pasar Raya Solok, Sumatera Barat.

“Program ini diluncurkan BRI untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi di pasar-pasar tradisional, termasuk Pasar Raya Solok,” kata Kepala BRI Cabang Solok Alghani saat bertemu dengan pemerintah Kota Solok di Solok, pada hari Selasa 17 Mei 2022.

Layanan berbasis elektronik, adalah solusi Transaksi Elektronik BRI (Stroberi) terpadu untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM. Melalui beragam layanan, kata dia, bisa menjawab berbagai permasalahan administrasi dan finansial bagi UMKM di pasar.

Aplikasi Stroberi terdiri atas tiga layanan utama, mulai dari layanan stroberi kasir untuk pengelolaan transaksi dan inventory management, Stroberi tagihan untuk pengelolaan tagihan, serta Stroberi order untuk pengelolaan sistem order dan pembayaran.

Selain itu kedua program berbasis teknologi itu juga dinilai cocok untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah setempat.

Aplikasi Pasar.id merupakan web yang bisa membantu mempermudah transaksi. Masyarakat tidak perlu lagi datang ke pasar untuk membeli barang, tetapi cukup menunggu di rumah barang yang dipesan akan diantar kurir. Kedua program berbasis teknologi itu dinilai cocok untuk membantu pengembangan UMKM.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra menyambut positif inovasi dari BRI dalam memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM di Kota Solok.

Menurut dia, menghadapi tantangan ke depan perlu akselerasi dan inovasi berbagai pihak. Dia juga mengharapkan penerapan aplikasi dari BRI bisa membantu pelaku UMKM Kota Solok untuk berkembang.

Sementara itu agar lebih mudah sosialisasi pada masyarakat perlu pendampingan dari pihak BRI dan juga dinas terkait. Sehingga dengan aplikasi ini maka proses jual beli lebih cepat dan praktis sehingga perputaran ekonomi juga semakin cepat.

“Persiapkan aplikasi ini agar dapat efektif digunakan oleh masyarakat, bukan hanya sampai pada pembuatan aplikasi saja, tetapi juga edukasi kepada masyarakat tentang cara dan manfaat menggunakan aplikasi ini dalam bertransaksi,” kata Dhani.

Perkembangan teknologi sangat pesat apalagi menghadapi perkembangan dunia di masa Industri 4.0 seperti saat ini, siapa yang tidak bisa menyesuaikan diri akan tertinggal, katanya. Dibutuhkan akselerasi dan inovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku usaha di Kota Solok. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This