No menu items!

Wisata Kuliner Sosis Ala Jerman Di Puncak

Must Read

Siapapun pasti tahu penganan berjenis sosis, dan bagi Anda penggemar sosis, jenis sosis asal Jerman ini memang terkenal kelezatannya. Namun sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh lagi ke Jerman hanya untuk sekedar menyantap sosis lezat ini. Karena di daerah Puncak, Cianjur, Jawa Barat, kini sudah ada restoran sosis bernama Bavarian Haus. Restoran auntentik Jerman di Indonesia yang berada di dalam naungan Cimory Group.

Bavarian Haus adalaah merupakan restoran yang menyajikan bratwurst atau sosis Jerman dengan banyak variasi, dan juga hidangan Jerman lainnya seperti kue dan bir.

Di restoran yang berlokasi di Jalan Raya Puncak, Anda dapat menikmati 45 menu dari sembilan produk sosis dan ham ala Jerman yang terjamin kualitasnya dan halal.

Jika di Jerman, bratwurst biasanya terbuat dari campuran daging babi dan daging sapi muda. Namun di Bavarian Haus sosis terbuat dari daging sapi dan ayam.

Kepala Produksi Bavarian Haus I Ketut Kertadana saat ditemui di Jakarta, Senin, dikutip dari Antara, mengatakan, “ Kalau kita lihat dari segi produksi, di Jerman sendiri pakai bahan baku dari babi. Kita di Bavarian Haus menggunakan daging sapi dan ayam, jadi sifatnya premium, tanpa pengawet dan halal “.

Menariknya di Bavarian Haus, Anda dapat melihat langsung proses pembuatan sosis dan ham yang ada di tengah ruang makan.

Ketut menjelaskan bahwa pada musim arus balik Lebaran 2022, Bavarian Haus ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mampir untuk menikmati hidangan sosis sambil melihat proses pembuatannya.

Ia menambahkan, daya tarik utama bagi para wisatawan adalah pembuatan sosis yang terletak di tengah bangunan restoran tersebut. Sebab, pengunjung dapat secara langsung melihat proses pembuatan sosis dan ham dari balik kaca pembatas ruang produksi. Sekaligus bisa menikmati langsung rasa produk sosisnya.

Proses pembuatan sosis dan ham itu melewati beberapa tahapan seperti pemilihan daging sapi, ayam dan kulit ayam, kemudian masuk pada proses berikutnya yaitu penggilingan.

Pada tahap penggilingan, prosesnya dilakukan sebanyak tiga kali supaya bisa menghasilkan tekstur sosis yang nikmat.

Kemudian daging yang sudah digiling dicampur dengan bumbu-bumbu bercita rasa rempah yang kuat. Selanjutnya dimasukkan ke dalam casing sosis.

Tahap berikutnya yang memberikan cita rasa ke sosis adalah proses pengasapan dan perebusan. Sosis yang telah melewati proses tersebut akan memiliki cita rasa yang kuat dan siap untuk diolah menjadi hidangan lezat di meja makan pengunjung.

Mengenai harga menu di Bavarian Haus, berkisar mulai dari Rp30.000-Rp315.000. Satu menu dapat dinikmati untuk satu orang hingga empat orang sekaligus.

Selama libur Lebaran, Bavarian Haus memiliki hidangan paling populer, yaitu mix platter yang bisa dinikmati untuk empat orang.

Ketut menyampaikan, bahwa dalam sehari, Restoran Bavarian Haus bisa memproduksi 300-500 kilogram sosis. Adapun dalam sehari, lokasi tersebut membuat 15.000 sosis yang bisa menjadi 500-700 pak.

“Secara internal sosis itu untuk memenuhi kebutuhan di toko dan dapur kita, dan itu pun ada yang dikirim ke semua toko Cimory di Bogor, Semarang dan Surabaya. Lalu didistribusikan di seluruh hotel-hotel di Jakarta dan Surabaya,” kata Ketut.

Selain dapat melihat ruangan pembuatan sosis dan ham, wisatawan juga dapat menikmati suasana restoran mirip seperti dengan yang ada di Jerman. Terlihat berbagai ornamen khas Jerman menghiasi bangunan Bavarian Haus, mulai dari tampak depan hingga ke bagian dalam. Menariknya pelayan di sana juga menggunakan kostum seperti pelayan di Jerman.(DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This