No menu items!

Bulog Memastikan Usai Lebaran Harga Pangan Stabil

Must Read

Meski lebaran sudah usai, stok komoditas pangan seperti daging beku, gula, dan komoditas lainnya diharapkan masih dalam batas aman. Perum Bulog sebagai perusahaan milik negara yang bertanggung jawab dalam penyediaan stok komoditas pangan memastikan harga sejumlah komoditas pangan tetap stabil dengan menyediakan stok untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam konferensi pers di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta pada hari Selasa 10 Mei 2022 , menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok komoditas pangan yang menjadi tanggung jawab Bulog untuk bisa selalu tersedia di masyarakat usai libur lebaran ini.

“Bulog menjamin kebutuhan pangan yang tersimpan saat ini di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia selalu tersedia di masyarakat dan kami akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut,” kata Budi Waseso.

Saat ini, di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia tersimpan stok beras sebanyak kurang lebih 1 juta ton. Berdasarkan penugasan pemerintah, jumlah tersebut masih merupakan batas aman yaitu sekitar 1 juta sampai dengan 1,5 juta ton.

Menurut Budi Waseso, pada masa panen, Bulog masih menyerap beras dan gabah dari petani sehingga jumlah stok beras tersebut masih akan terus bertambah.

“Untuk komoditas utama yang kami kuasai yaitu beras jumlahnya sangat aman ada 1 juta ton, ditambah lagi saat ini Bulog masih melakukan pengadaan gabah beras petani di seluruh Indonesia dan hingga saat ini kami sudah menyerap sebanyak 256 ribu ton. Jadi stok beras ini akan terus bertambah,” kata Budi Waseso.

Budi Waseso menambahkan bahwa Bulog akan melaksanakan penugasan yang diberikan oleh 0emerintah dengan maksimal. “Dengan kekuatan sarana infrastruktur yang dimiliki oleh Bulog ditambah dengan pengalaman menyalurkan berbagai bantuan sosial maka Bulog siap menjalankan penugasan yang diberikan,” katanya.

Saat ini, penugasan pemerintah yang diberikan kepada Perum Bulog meliputi antara lain guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging, Bulog akan menjalankan penugasan ketersediaan daging kerbau beku.

Kemudian Bulog juga mendapat penugasan untuk pendistribusian minyak goreng yang akan dilakukan melalui skema komersial. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk bisa membantu menekan harga minyak goreng curah hingga mencapai harga yang diharapkan pemerintah. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This