No menu items!

Sederet Manfaat Kismis Hitam Bagi Kesehatan

Must Read

Kismis adalah produk olahan dari buah anggur yang dikeringkan. Selain memiliki rasa yang lezat, kismis juga bermanfaat untuk kesehatan.

Umumnya kismis yang paling sering dijumpai adalah kismis yang berwarna kuning tua atau cokelat. Kismis biasanya digunakan sebagai tambahan dalam kue, roti ataupun salad.  Namun ada juga kismis yang berwarna hitam dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Kismis hitam memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, kulitnya keriput dan berair. Kismis jenis ini mempunyai banyak manfaat antara lain mengurangi kerontokan rambut, menghilangkan kotoran dari darah, dan mengurangi tekanan darah tinggi hingga mencegah anemia.

Dixa Bhavsar, seorang pakar Ayurveda seperti dilansir Indian Express pada hari Minggu 8 Mei 2022, mengatakan, “Kismis hitam adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda karena mengandung antioksidan alami dan kaya akan zat besi.”

Bhavsar menyarankan agar  kismis direndam dahulu sebelum dikonsumsi karena makanan kering dapat memperburuk masalah lambung.

Menurut Ayurveda atau metode pengobatan tertua di dunia, yang mulai dipraktikan di India sejak ribuan tahun lalu, kismis hitam memiliki sejumlah khasiat kesehatan yaitu :

Membantu osteoporosis

Kismis hitam disebut mempunyai kandungan  potasium dan kalsium dalam jumlah tinggi, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Mengurangi uban dan rambut rontok

Kismis hitam selain kaya akan zat besi tetapi juga mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Kismis ini membantu penyerapan mineral yang cepat dalam tubuh dan juga memberikan nutrisi yang tepat untuk rambut.

Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Kandungan kalium pada kismis mampu mengurangi natrium dalam darah. Oleh karena itu mengkonsumsi kismis hitam dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Mencegah anemia

Mengkonsumsi segenggam kismis secara teratur dapat mencegah gejala anemia. Karena kismis merupakan sumber yang kaya akan zat besi dan vitamin B kompleks yang dapat mendorong pertumbuhan sel darah merah.

Melawan kolesterol jahat

Bhavsar menjelaskan bahwa kismis hitam dapat mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Mengkonsumsi beberapa kismis hitam setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik.

Baik untuk kesehatan mulut

Departemen Makanan dan Gizi AS dalam penelitian terbarunya mengungkapkan bahwa makan kismis dapat melindungi Anda dari gigi berlubang. Karena kismis disebut mengandung lima fitokimia dan antioksidan tanaman termasuk asam oleanolic yang membantu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

Meredakan sembelit

Tingginya jumlah serat makanan pada kismis hitam,  menyebabkan kismis hitam dianggap mampu mengatasi sembelit. Selama beberapa dekade, kismis hitam telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda.

Selain itu, kismis hitam juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kram menstruasi, meningkatkan tingkat energi dan membantu mengurangi keasaman atau mulas. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This