No menu items!

Korlantas Polri Infokan Jadwal Tol Arus Balik Lebaran 2022

Must Read

Memasuki masa arus balik Lebaran 2022, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, mulai Jumat (6/5/2022) akan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa one way atau satu jalur dan sistem ganjil genap di ruas jalan tol. Pelaksanaan aturan one way dan ganjil genap rencananya akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Kebijakan ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di masa arus balik, mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang.

Oleh karena itu dihimbau kepada masyarakat yang akan kembali ke Jakarta, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi meminta warga untuk berangkat lebih awal demi menghindari kepadatan lalu lintas.

“Karena tanggal 6, 7 dan 8 itu nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi,” katanya.

“Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua,” tambah Firman.

Menurut Firman, kesiapan untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022 dipastikan sudah sudah dilakukan dan meminta kepada masyarakat agar mengikuti kebijakan dan aturan dari Korlantas Polri.

“Apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak,” ujarnya.

Kepada masyarakat yang akan kembali setelah melakukan perjalanan mudik, berikut jadwal dan lokasi penerapan kebijakan one way dan ganjil genap di ruas jalan tol selama masa arus balik Lebaran 2022 yaitu :

  1. Jumat, 6 Mei 2022, Pukul 14.00 – 24.00 WIB, berlaku aturan satu arah genap dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.
  2. Sabtu, 7 Mei 2022 Pukul 07.00 – 24.00 WIB, diterapkan aturan satu arah ganjil dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.
  3. Minggu, 8 Mei 2022 Pukul 07.00 – 24.00 WIB, dilaksanakan kebijakan satu arah genap dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek
  4. Senin, 9 Mei 2022 Pukul 00.00 – 03.00 WIB, aturan rekayasa lalu lintasnya adalah satu arah ganjil dari gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Sementara itu pada jalur Jakarta-Bandung, pihak kepolisian memberikan empat jalur alternatif guna membantu warga dari arah Jakarta yang hendak menuju ke Bandung saat masa arus balik.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari Antara, Selasa (3/5), mengatakan ” Ada empat alternatif rute Jakarta menuju Bandung saat one way arus balik Semarang-Jakarta “.

Berikut empat jalur alternatif dari Jakarta ke Bandung tersebut, antara lain :

  • Jalur Pertama melalui : Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu-Cipatat-Padalarang-Bandung.
  • Jalur Kedua melewati : Jagorawi-Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cianjur-Padalarang-Bandung.
  • Jalur Ketiga melalui : Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Wanayasa-Lembang-Bandung.
  • Jalur Keempat, ada beberapa jalur yang dilewati yaitu : Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Sukatani-Darangdang-Cikalong-Padalarang-Bandung.

Latest News

Masif dan Agresif Pertamina Lanjutkan Eksplorasi Dukung Ketahanan Energi

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina berkomitmen memberikan kontribusi terbaiknya pada pencapaian ketahanan energi negeri. Dalam...

More Articles Like This