No menu items!

BMKG Menghimbau Waspada Gelombang Tinggi Pantai Selatan Jabar-DIY

Must Read

Bagi para wisatawan yang berencana berwisata memanfaatkan waktu liburan di daerah Pantai Selatan, Jawa Barat dan DI Yogyakarta, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi di perairan selatan Jabar-DIY.

“Saat ini, wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY memasuki musim angin timuran,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, pada hari Selasa, 3 Mei 2022.

Berdasarkan pola angin tersebut, Teguh juga menyebutkan bahwa untuk wilayah perairan selatan Jabar-DIY adalah dominan bergerak dari arah selatan hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 8-25 knot.

Pergerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi tersebut berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang di perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY.

Berkaitan dengan perkiraan cuaca tersebut, Teguh mengatakan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap pada hari Selasa, 3 Mei 2022 telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY yang berlaku hingga hari pada hari Rabu, 4 Mei 2022 dan akan terus diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Sehingga dalam peringatan dini tersebut, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selain itu, Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, Samudra Hindia selatan Pangandaran, Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

“Bagi masyarakat yang berwisata di pantai selatan Jabar, pantai selatan Jateng, maupun pantai selatan DIY diimbau untuk tidak mandi atau berenang di pantai terutama wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas agar terhindar dari gelombang tinggi yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” demikian Teguh Wardoyo. (DM06)

Riset: Dompet Digital Paling Dipilih Masyarakat Indonesia

Hasil riset terbaru yang dilakukan InsightAsia bertajuk ‘Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook’ menunjukan dompet digital semakin menjadi...

More Articles Like This