No menu items!

Cegah Investasi Bodong Makin Meluas, PPATK Blokir Ribuan Transaksi Investasi Ilegal

Must Read

Akhir-akhir ini pemberitaan investasi ilegal menjadi pembicaraan hangat dikalangan masyarakat terutama para investor. Tentu saja hal tersebut menjadi perhatian pemerintahan terkait termasuk Pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan (PPATK) yaitu lembaga independen yang dibentuk dalam rangka mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang.

Sesuai dengan visinya untuk mewujudkan stabilitas perekonomian dan integritas sistem keuangan Indonesia melalui pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang guna mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong, belum lama ini ketua PPATK Ivan Yustiavandana telah memblokir ribuan transaksi investasi ilegal yang berkaitan dengan pencucian uang.

Pernyataan tersebut diberikan saat Ivan Yustiavandana hadir dalam Webinar forum milenial Madjoe yang dipantau di Jakarta “memang satu dua kasus meledak, tapi banyak yang belum sempat terpublik sudah terlebih dulu bisa dihentikan transaksinya” Namun pemblokiran yang dilakukan PPATK lebih dulu terkadang justru dituduh menjadi penyebab entitas usaha tidak bisa mengembalikan uang konsumen mereka.

“Begitu PPATK shut down bisnis atau dibekukan transaksinya, mereka mengatakan akibat kita bekukan fraud nya terjadi” Padahal tidak dibekukan pun mereka sudah pasti tidak bisa mengembalikan uang konsumen.

Misalnya saja saat PPATK melakukan upaya lebih cepat dari pengaduan masyarakat dalam kasus transaksi First travel yang dibekukan PPATK dan ditindak lanjut oleh aparat penegak hukum.

Berdasarkan hasil analisis PPATK pencucian uang beragam modus yang digunakan para afiliator investasi ilegal, salah satunya melalui penggunaan aset kripto sebagai sarana pembayaran fee kepada afiliator tuk menipu pembayaran dana secara ilegal.

Bahkan tidak jarang investasi ilegal juga menggunakan voucher yang diterbitkan oleh exchanger, transfer dana ke perusahaan penjual Robot trading,hingga penyamaran dana yang berasal dari investasi ilegal melalui sponsor ship. Bahkan investasi ilegal juga sering menggunakan rekening atas nama orang lain (nominee)

Investasi ilegal tersebut bukan sesuatu yang baru karena sudah terjadi sejak tahun 1993, hanya saja berbeda media dan ini akan terus terjadi jika rasionalitas kita makin berkurang.

Adanya penindakan platform investasi ilegal seperti Binomo dan robot trading pun sebenarnya bukanlah hal yang baru, sehingga PPATK berharap masyarakat untuk tidak mudah tergiur oleh Janji- janji keuntungan besar dari investasi ilegal.

Sebab tidak ada investasi yang secara instan menghasilkan keuntungan yang besar, semua tentu harus melalui mekanisme yang jelas dan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan keberhasilan investasinya. (DM06)

Latest News

Wajib Diwaspadai! 5 Macam Penipuan yang Mengatasnamakan Kredivo

Makin ke sini, penipu makin pintar sekali mengelabui banyak orang untuk kepentingan pribadi. Sebut saja penelepon asing yang memberitahu...

More Articles Like This