No menu items!

Kemenhub Minta Pemudik dengan Kendaraan Pribadi Harus Pakai Masker

Must Read

Sejak masa pandemi yang berlangsung selama dua tahun dan adanya larangan untuk tidak mudik pada Hari Raya Idul Fitri. Akhirnya pemerintah untuk pertama kalinya mengizinkan mudik saat libur Lebaran pada tahun ini.

Menurut Kementerian Perhubungan diperkirakan ada sekitar 85,5 juta penduduk Indonesia yang melakukan mudik di tahun ini.

Kementerian Perhubungan juga mengingatkan agar masyarakat yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi tetap harus menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan.

Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi, Thonthowi Djauhari, dalam webinar tentang mudik Lebaran 2022, Senin, dikutip dari Antara mengatakan, ” Di kendaraan pribadi tetap harus pakai masker. Apalagi, kalau kendaraan terisi penuh “.

Djauhari juga menambahkan bahwa masyarakat diharap memiliki pemahaman dan kesadaran untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar perjalanan mudik tahun ini tetap berlangsung aman dan sehat.

Saat ini penegakan protokol kesehatan menjadi tantangan karena tidak ada skrining ketika pemudik menggunakan mobil pribadi, tidak seperti ketika mudik menggunakan transportasi umum.

Misalnya saat menggunakan pesawat terbang, pemudik akan diminta menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan ada pengecekan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti sertifikat vaksin dan hasil tes negatif antigen atau PCR.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B Harmadi, mengatakan pihaknya akan mengadakan pengecekan secara acak terhadap kendaraan pribadi di sejumlah titik mudik. Jika hasil tes pemudik menunjukkan positif, pemudik akan dibawa ke tempat isolasi terpusat di daerah tersebut.

Kementerian Perhubungan meminta kepada para pemudik yang menaiki kendaraan pribadi, hendaknya sebelum melakukan perjalanan supaya mempersiapkan kendaraan seperti mengecek kondisi ban dan mengganti oli.

“Sebelum berangkat, cek kelaikan kendaraan,” kata Thonthowi.

Pengecekan kendaraan ini sangat penting agar para pemudik tetap aman saat di perjalanan.

Thonthowi juga mengingatkan kepada pemudik dengan kendaraan roda dua, bahwa beberapa jenis motor tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh. Agar tetap aman, calon pemudik dengan motor bisa mendaftar ke program mudik gratis yang diadakan pemerintah.

Sebagian besar masyarakat diperkirakan mudik lewat jalur darat menggunakan kendaraan pribadi, jumlahnya ditaksir mencapai 40,2 juta orang.(DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This