No menu items!

Nestle Indonesia Bantu Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Teknologi Digital

Must Read

Nestlé Indonesia adalah produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss.

Sebagai upaya mendukung pergerakan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM, Nestle Indonesia menghadirkan inovasi dalam hal teknologi digital untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya dari sektor makanan dan minuman agar bisa melakukan pemasaran produk- produknya secara kreatif.

“Nestle Secret Recipe BOT” adalah sebuah inovasi yang dihadirkan Nestle berkolaborasi dengan perusahaan teknologi Meta. Inovasi itu berupa sebuah platform yang berada di aplikasi WhatsApp dengan memanfaatkan fitur chatbot.

Nantinya inovasi teknologi digital ini bisa diakses oleh semua pelaku UMKM di Indonesia. Karena akses menuju layanan ini tidak terbatas dan bisa dijangkau oleh semua UMKM.

Periode penggunaan fitur Nestlé Secret Recipe BOT ini berlangsung mulai tanggal 18 April – 18 Mei 2022.

Berbagai manfaat yang didapat oleh para pelaku UMKM ketika mengakses platform digital ini adalah mendapatkan tips dan cara mengambil foto produk yang bagus, penulisan “caption” keren, penyediaan template, dan background, serta jenis tulisan menarik untuk melakukan pemasaran kreatif.

​​Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar mengatakan, “Sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia, Nestlé senantiasa berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk dalam hal mendukung pergerakan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.

Oleh sebab itu, Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Meta untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat konten yang menarik dan meningkatkan usaha mereka selama bulan Ramadhan.”

Berikut beberapa langkah untuk menggunakan layanan pemasaran kreatif ini, yaitu :

  1. Pengguna menentukan makanan yang akan dipromosikan dengan menggunakan produk Nestlé, seperti maggi, carnation, KitKat, Nescafe, dan dark chocolate daro Nestle Professional.
  2. Kemudian pelaku UMKM bisa mengakses BOT melalui https://wa.me/+6281211635611.
  3. Pilih template yang diinginkan dan sesuai dengan pengguna
  4. Instruksi akan diberikan kepada pengguna untuk pengambilan foto atau video produk sehingga hasil bidikan bisa tepat sasaran.
  5. Selanjutnya pengguna bisa mengunggah foto atau video dengan menggunakan template yang telah dipilih. Pengguna juga dapat memilih background dan menambahkan teks di dalamnya.
  6. Pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa konten foto atau video siap untuk di-download dan dipublikasikan di media sosial.

Bagi pelaku UMKM, selain mendapatkan cara untuk pembuatan konten digital, juga memperoleh kesempatan untuk beriklan secara gratis dan promo digital semakin tersebar luas.

“Kami merasa sangat bangga bisa melakukan kolaborasi perdana dengan Meta di Indonesia, terutama untuk mendukung UMKM dalam hal pemanfaatan digital dalam bisnis dan usahanya. Harapannya, program ini dapat memperkuat eksistensi produk-produk UMKM serta semakin memperkuat kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi,” tutup Ganesan. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This