No menu items!

Sri Mulyani Pastikan Proses Pencarian THR mulai H-10 Idul Fitri

Must Read

Bagi instasi pemerintah, aktif maupun pensiunan tunjangan hari raya (THR) dan gaji 13 tentu akan menjadi kabar yang sangat mengembirakan. Tunjangan ini biasa diberikan kepada instasi pemerintah sebelum idul fitri dan sebelum tahun ajaran baru anak sekolah.

Belum lama ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membawa kabar gembira dengan memastikan proses pencarian tunjangan hari raya tersebut bagi ASN, TNI, dan Polri.
Seperti tahun sebelumnya, pencarian THR direncanakan mulai periode H-10 hari raya Idul Fitri.

Menteri Keuangan kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962 ini menerangkan, bahwa Kementerian atau Lembaga dapat mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mulai 18 April 2022 dan kemudian dapat mencairkan sesuai mekanisme yang berlaku.

Jika terdapat THR yang belum dapat dibayarkan sebelum hari raya idul fitri karena masalah teknis, maka akan tetap disalurkan sesudah idul fitri.

Sri mulyani berharap semua bisa dilakukan H-10 mulai dari ASN pusat dan daerah, TNI, polri hingga pensiunan sudah bisa menerima THR sebelum hari raya idul fitri. THR akan diberikan sebesar gaji atau pensiun pokok dan tunjangan yang melekat, serta 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapat tunjangan kinerja.

Sementara itu untuk tunjangan melekat sendiri meliputi tunjangan keuangan, pangan, dan jabatan struktural atau fungsional dan umum.

Sedangkan bagi instansi pemerintah daerah, paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan.

THR tahun ini rencananya akan diberikan kepada 1,8 juta pegawai Aparatur Negara Pusat, 3,7 juta pegawai Aparatur Negara daerah dan 3,3 juta pensiunan.

Kebijakan pemberian THR ini telah diajukan dalam APBN tahun anggaran 2022 dengan anggaran sebesar 10,3 triliun untuk instansi pemerintah pusat, TNI dan Polri. Sedangkan sebesar 15 triliun untuk instansi pemerintah Daerah, dan sebesar 9 triliun untuk tunjangan bagi pensiunan.

Menteri keuangan yang pernah menjadi orang Indonesia pertama menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, dan pernah dinobatkan sebagai Menteri keuangan terbaik Asia oleh Emerging Markets ini juga menerangkan, selain THR pemerintah akan memberikan gaji bulan 13 sebagai bantuan pendidikan yang akan dilakukan setelah hari raya idul fitri, tepatnya bulan Juli 2022 dengan komponen dan kelompok aparatur pemerintah yang sama dengan THR.

Kebijakan pemberian THR dan gaji 13 ini diharapkan akan menjadi salah satu faktor pendorong aktivitas ekonomi masyarakat. (DM06)

Riset: Dompet Digital Paling Dipilih Masyarakat Indonesia

Hasil riset terbaru yang dilakukan InsightAsia bertajuk ‘Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook’ menunjukan dompet digital semakin menjadi...

More Articles Like This