No menu items!

Pemkab Bantul Daftarkan Diri Sebagai Jejaring Kota Kreatif UNESCO

Must Read

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Bantul memiliki 17 kabupaten yang terbentang dari wilayah Utara sampai selatan. Dibagian Utara Bantul terdapat beberapa kecamatan seperti Banguntapan dan Sewon yang berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta, sehingga menjadikan kabupaten Bantul maju dalam sektor perdagangan, hotel, restoran dan jasa.

Dari sektor industri, kabupaten Bantul didominasi oleh industri kreatif mikro dan kecil seperti kerajinan Batik dibeberapa kecamatan, kerajinan kayu hingga industri di bidang kuliner. Kabupaten Bantul juga dikenal memiliki kerajinan gerabah dan keramik di daerah Kasongan dan Pundong, serta kerajinan wayang di Imogiri dan kerajinan topeng di Pajangan.

Dari 5 kabupaten di D.I Yogyakarta, kabupaten Bantul pernah menempati urutan ke 3 dalam hal pencapaian indikator makro ekonomi produk Domestik Regional Bruto ditahun 2013, dengan begitu besarnya potensi yang dimiliki serta tingginya Produk Dosmetik Bruto yang dicapai, tidak jika pemerintah kabupaten Bantul, Darah istimewa Yogyakarta berupaya masuk dalam jejaring Kota kreatif versi UNESCO atau UNESCO Creative City Network.

Hal tersebut bertepatan setelah kabupaten Bantul ditetapkan sebagai Kabupaten kreatif kriya terkuat di Indonesia oleh Badan Ekonomi kreatif Nasional pada tahun 2017.

Dengan mendaftarkan Bantul menjadi salah satu jejaring kota kreatif UNESCO atau ditingkat Internasional, diharapkan bukan hanya industri kreatif masyarakat Bantul yang dikenal Dunia, nantinya produk dan barang kreatif dari pelaku usaha Bantul juga semakin populer, bahkan di sektor pemasaran akan lebih mudah memasuki pasar Dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kabupaten Bantul, Abdul Halim Muslih saat meninjau Industri kreatif di sentra kerajinan gerabah, Kasongan Bantul. Bahkan Bupati Bantul juga menyatakan akan terus mendorong dan menguatkan industri kreatif dan ekonomi mikro Bantul agar tercipta ekosistem kreatif yang mapan.

Sehingga produk kerajinan kreatif masyarakat Bantul akan semakin dikenal di kancah perdagangan kreatif internasional, dan akan semakin membuka pasar baru di Dunia Internasional. (DM06)

Latest News

Wajib Diwaspadai! 5 Macam Penipuan yang Mengatasnamakan Kredivo

Makin ke sini, penipu makin pintar sekali mengelabui banyak orang untuk kepentingan pribadi. Sebut saja penelepon asing yang memberitahu...

More Articles Like This