No menu items!

Olahan Ikan Salmon Saus Woku Belanga Khas Daerah Manado

Must Read

Pasti Anda pernah mendengar nama Woku, yaitu racikan bumbu ala Manado, Sulawesi Utara, yang digunakan untuk memasak daging. Woku memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Bumbu Woku  terdiri dari  daun jeruk, daun pandan, daun bawang, kemangi, kunyit, jahe, serai, tomat, cabai rawit, dan bawang putih.

Seperti kita ketahui di Minahasa, Sulawesi Utara, terdapat dua jenis hidangan dengan bumbu Woku , yaitu Woku belanga karena menggunakan belanga atau panci ketika memasaknya, dan Woku daun karena menggunakan daun sebagai pembungkusnya.

Biasanya bumbu Woku tidak hanya untuk masakan dari bahan daging saja, tetapi juga bisa dipakai untuk masakan berbahan ikan seperti ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, kepiting, dan udang, serta ikan salmon.

Kalau Anda penasaran dengan resep ikan Salmon Saus Woku Belanga khas Manado ini, berikut cara olahannya yang dibuat ala Chef Theodorus Immanuel Setyo Widhyarto, dimana resepnya diambil dari  buku “The Authentic Taste of Indonesia” yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) yuk kita coba.

Resep Ikan Salmon Saus Woku Belanga

Bahan Bumbu Halus  :

3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 cm kunyit
1 cm jahe
1 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
500 ml air

Bahan Pelengkap :

220 gr Ikan Salmon
1/2 butir tomat merah
1/2 batang serai
1/2 batang daun bawang
1 lembar daun kunyit
1 lembar daun pandan
3 lembar daun jeruk
1/2 ikat daun kemangi
2 buah tomat ceri
2 buah jamur kancing
Minyak untuk menumis
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat :

1. Blender semua bahan bumbu halus.  Kemudian panaskan minyak, dan masukkan bahan yang sudah dihaluskan, tambahkan daun jeruk, serai, daun kunyit, daun pandan. Masak hingga matang.

2. Tambahkan air, kemudian masak air hingga menyusut menjadi setengah. lalu dibumbui dengan garam dan merica sesuai selera. Saring terlebih dulu dan sisihkan.

3. Kemudian masukkan tomat merah yang sudah dipotong kecil dan daun kemangi.

4. Bumbui salmon dengan garam dan merica sesuai selera. Goreng dengan minyak sedikit hingga matang.

5. Jamur kancing dibelah bagi dua, lalu dibumbui dengan garam dan merica. Masak dengan minyak sedikit hingga matang.

6. Tuang kuah Woku belanga ke dalam mangkuk, taruh jamur di tengah mangkuk, kemudian salmon di atasnya, tomat ceri dan taburi dengan irisan daun bawang dan daun kemangi.

Nah, masakan Ikan Salmon Woku Belangan sudah siap Anda sajikan, masakan lezat ini bisa disantap sebagai menu harian atau menu Sahur Anda. (DM06)

Calvin Kizana Ditunjuk Sebagai Head of WhatsApp Pertama di Indonesia

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertama di Indonesia. Calvin memulai peran barunya hari ini dari kantor...

More Articles Like This