No menu items!

Lezatnya Ayam Taliwang Untuk Menemani Santap Sahur Anda

Must Read

Menelusuri jejak masakan ayam Taliwang sebagai makanan khas yang sangat populer, akan membawa kita ke suatu daerah di Sumbawa Barat yang bernama Taliwang. Daerah Taliwang inilah yang menjadi tempat asal mula ayam Taliwang. Kemudian masyarakat Taliwang yang pertama kali memperkenalkan makanan khas ini ke luar daerah.

Ayam Taliwang merupakan makanan khas daerah Taliwang, Sumbawa Barat, memiliki cita rasa pedas dan lezat, berbahan dasar daging ayam kampung muda, yang dibakar. Biasanya sebelum dibakar ayam ini dibumbui dengan saus yang berbahan cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam.

Biasanya saat menyantap ayam Taliwang, masakan ini disajikan bersama plecing kangkung dan beberuk terong yang nikmat.

Nah, jika Anda penasaran dengan resep dan cara membuat makanan khas yang identik dengan daerah di Nusa Tenggara Barat ini, Anda bisa melihat resepnya di buku The Authentic Taste of Indonesia, resep dari Chef Theodorus Immanuel Setyo Widhyarto.

Buku yang berisikan berbagai resep makanan khas daerah di seluruh Indonesia ini, telah diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ).

Berikut ini kami informasikan Resep dan cara membuat Ayam Taliwang yang lezat.

Bahan Bumbu :

3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai rawit merah
1 buah cabai merah keriting
2 cm kencur
1/2 butir tomat merah
3 sdm gula merah
2 gr terasi
Minyak untuk menumis
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Bahan Pelengkap :

350 ml air
250 gr paha ayam
1 buah jeruk limau
Mentimun secukupnya
1 buah tomat hijau
2 buah tomat ceri
Daun selada frisee secukupnya
Edible flower (bunga yang dapat dimakan) secukupnya
Daun nasturtium secukupnya

Cara Membuat Ayam Taliwang

  • Haluskan semua bahan bumbu, kemudian panaskan minyak, lalu masukkan bahan yang sudah dihaluskan, dan tumis hingga matang.
  • Masukkan paha ayam yang sudah dipotong menjadi 6 bagian, aduk dan masukkan air, masak hingga matang. Bumbui dengan garam dan merica sesuai selera. Angkat ayam dan sisihkan.
  • Sisa bumbu taliwang dimasak dengan api kecil hingga menyusut setengahnya.
  • Panaskan minyak, panggang ayam dengan dioleskan bumbu taliwang tadi hingga coklat kehitaman. Atau bisa juga dipanggang dengan panggangan sate. Sisihkan.

Cara Membuat Dressing Salad

Campurkan 2 sendok makan minyak salad dengan 1 sendok makan bumbu Taliwang ditambah dengan 1 sendok teh air perasan jeruk, lalu aduk rata. Tuang di atas salad dan letakkan di tengah-tengahnya. Kemudian hiasi dengan Edible Flower dan daun Nasturtium sesuai selera.

Untuk cara penyajiannya, taruh ayam di sebuah wadah, susun melingkar, kemudian letakan salad di tengah-tengahnya, dan ayam Taliwang siap disantap. (DM06)

Calvin Kizana Ditunjuk Sebagai Head of WhatsApp Pertama di Indonesia

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertama di Indonesia. Calvin memulai peran barunya hari ini dari kantor...

More Articles Like This