No menu items!

Kemendag Akan Naikkan Gula Rp13.500 per Kg di Tingkat Petani

Must Read

Untuk Harga Eceran Tertinggi (HET ) gula konsumsi rencananya akan ditetapkan oleh Kemendag sebesar Rp11.500 di tingkat petani supaya ditingkat konsumen harganya Rp13.500 per kg. Namun kebijakan ini masih dalam tahap pembahasan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan mengatakan,”Saya tentukan HET-nya, harganya kemungkinan dari usulan berbagai kajiannya Kementan itu sudah pertimbangkan di Rp11.500 di beli di petani, intinya gula petani,” ujarnya di Pasar Cibinong, Bogor, saat ditemui wartawan pada hari Selasa, 4 April 2022.

Adanya rencana penetapan HET itu dengan harapan agar harga gula di tingkat konsumen bisa ditekan jadi Rp13.500, dan Oke Nurwan juga menyampaikan bahwa harga gula tersebut masih bisa terjangkau oleh masyarakat.

” Harga konsumen Rp13.500 masih masuk, masuklah,” ucapnya.

Salah seorang pedagang sembako bernama Riko mengatakan bahwa saat ini harga satu kilogram gula konsumsi dijual Rp14 ribu. “Sekilonya Rp14 ribu, gulanya itu dari GMP,” katanya.

Sedangkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional menyebutkan harga gula pasir lokal sudah mencapai Rp15.200 per kilogram (kg) di tingkat konsumen. Padahal, harga gula pada awal April hanya mencapai Rp15.150 per kg.

Bahkan sekarang, harga gula pasir lokal juga terbilang cukup tinggi karena dihargai Rp15.850 per kg. Awal bulan ini saja harganya masih berada di Rp15.700 per kg.

Melansir Info Pangan Jakarta, harga gula pasir di Pasar Induk Kramat Jati masih dihargai Rp14 ribu kg. Sementara itu, di Pasar Glodok gula pasir dihargai Rp14.500 per Kg.(DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This