No menu items!

Es kendil, Menu Takjil Khas dari Sumbawa yang Lezat

Must Read

Menu takjil umumnya berupa berupa makanan ringan serta minuman dingin. Rasa minuman dingin dan segar seringkali diminati banyak orang. Apalagi jika ditambah pelengkap yang bermacam macam, semakin menambah kelezatannya.

Seperti kita ketahui, minuman es yang banyak dijumpai di bulan puasa adalah es kelapa muda, es campur, es doger, es bubur sumsum dan es buah. Jika Anda ingin mencoba rasa es yang berbeda maka Es Kendil sebagai minuman khas dari Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat bisa Anda nikmati.

Sebenarnya Es Kendil awalnya dihidangkan hanya untuk kalangan tertentu dan acara terbatas dan besar saja, seperti pernikahan, acara pertemuan raja-raja dan acara besar lainnya. Informasi ini disampaikan oleh Executive Sous Chef Hotel Kempinski Heri Purnama.

Lebih lanjut Heri mengatakan, “ NTB Itu kan terik, sehingga minuman es adalah sajian yang luar biasa, tidak semua orang bisa menjual es itu. Di Sumbawa, toping yang ada buah nangka dan alpukat.” Heri sendiri pernah menyajikan es kendil di Amerika Serikat , Maldives dan Inggris.
Bahan dasar yang digunakan Es Kendil adalah susu tawar dan santan segar. Es ini memiliki banyak rasa dan sehat karena terdapat banyak tambahan campuran di dalamnya.

Executive Sous Chef Hotel Kempinski Heri Purnama mencoba membagikan resep es kendil kepada anda.

Bahan yang harus disediakan adalah:

½ liter susu tawar
¼ santan segar
Sejumput garam
2 sdm madu atau kurma yang dikaramelisasi

Bahan Pelengkap :

Nangka
Kelapa serut
Alpukat
Nata de Coco
Tape
Potongan roti

Cara membuatnya :

  1. Rebus santan sambil diaduk hingga mendidih dengan suhu sedang agar santan tidak mudah pecah
  2. Tambahkan madu dan beri sedikit garam
  3. Dinginkan adonan, masukan ke dalam freezer dan biarkan sampai membeku
  4. Serut adonan, tambahkan susu segar dan beri toping sesuai selera
  5. Letakkan es dalam kendil atau wadah es stainless lainnya, agar tetap dingin

Perlu diketahui bahwa Chef Heri yang tumbuh dan besar di Sumbawa, banyak menginspirasi makanan khas Sumbawa dengan tampilan kendilnya. Menurut Chef Heri, Kendil banyak dijumpai di mana–mana di daerah Sumbawa.

Selanjutnya jika Anda ingin menggunakan wadah lain maka pergunakan wadah berbahan stainless agar suhu dingin tetap terjaga. (DM06)

Calvin Kizana Ditunjuk Sebagai Head of WhatsApp Pertama di Indonesia

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertama di Indonesia. Calvin memulai peran barunya hari ini dari kantor...

More Articles Like This