No menu items!

Kemendikbud : Kuliner Garut Berpotensi Jadi Wisata Edukasi Budaya

Must Read

Letak Kabupaten Garut yang dibatasi oleh wilayah Kabupaten lain di Jawa Barat, seperti Kabupaten Sumedang di sebelah utara, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Majalengka di sebelah timur, dan di sebelah Barat terdapat Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung, sedangkan di sebelah selatan dibatasi oleh Samudera Hindia, ternyata ikut mempengaruhi perkembangan budaya dan kehidupan di Garut, termasuk pada makanan khasnya yang sudah dikenal luas.

Kuliner Garut Sebagai Destinasi Wisata Edukasi Budaya

Beragamnya wisata kuliner Kabupaten Garut yang sudah dikenal menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong komunitas pelaku usaha kuliner di Kabupaten Garut, Jawa Barat untuk mengembangkan produk kuliner khas daerahnya menjadi destinasi wisata edukasi budaya yang memberikan manfaat ekonomi sekaligus menjaga identitas diri bangsa.

“Kita padukan nih antara pemerintah sebagai fasilitator, komunitas yang kita dorong, jadi gerakannya dari mereka,” kata Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud, Riset dan Teknologi, Restu Gunawan saat acara Workshop Kuliner Nusantara dengan peserta dari berbagai pegiat usaha kuliner maupun tenaga pendidik di Kabupaten Garut.

Beragam Ciri Khas Kuliner Garut yang Banyak diminati Masyarakat

Rencana Kemendikbud untuk menjadikan Garut sebagai destinasi wisata edukasi budaya, serta meningkatnya minat masyarakat Garut serta masyarakat diluar Garut yang ingin terjun dalam usaha kuliner makanan khas Garut. Memang bukan tanpa alasan.

Meskipun mungkin beberapa orang dari luar Sunda akan kesulitan dengan pengucapan namanya. Namun citarasa makanan khas Garut khususnya dan Sunda umumnya masih bisa diterima oleh masyarakat kita.

Sementara itu untuk pengolahannya dan bahan makananya, pada umumnya makanan Sunda adalah berbahan sederhana dan mudah didapat, menggunakan sayuran segar, bercita rasa pedas, dan gurih. Jenis makanan terkenal di Garut bervariasi mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Berikut ini adalah sejumlah makanan khas Garut yang cukup populer, yang bisa menajdi inspirasi usaha Anda, yaitu :

1. Soto Garut

Kuliner Garut yang satu ini adalah makanan tradisional yang banyak dijumpai di setiap daerah di Indonesia, termasuk juga di Garut. Soto Garut bukan sekedar makanan berkuah bening saja, tetapi lebih kepada kuah yang kental dan beraroma tajam, karena menggunakan campuran santan. Rasanya yang gurih dan disajikan bersama taburan kedelai goreng dan disantap bersama nasi hangat membuat Soto Garut pantas menjadi salah satu makanan favorit.

2. Baso Aci

Merupakan baso yang terbuat dari tepung kanji dicampur dengan isian daging. Baso ini lebih mirip dengan cilok tapi disajikan dengan menggunakan kuah yang super pedas. Biasanya disajikan dengan pelengkap berupa ceker ayam atau daging ayam. Cocok disantap saat musim hujan dan udara dingin seperti di Garut.

3.Sambal Cibiuk

Nama sambal ini diambil dari nama kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. Daerah Cibiuk sangat terkenal dengan olahan sambalnya . Sambal cibiuk terbuat dari cabai hijau dicampur dengan tomat hijau dan serawung atau kemangi beserta rempah lainnya, diulek kasar tanpa digoreng lebih dahulu.. Disantap bersama nasi hangat dan lauk ayam goreng sungguh nikmat rasanya.

4.Pindang Ikan

Jika di Pulau Sumatera tepatnya di daerah Palembang dan Lampung, pindang dimasak dengan bahan ikan patin, maka di Garut pindang ikannya menggunakan ikan mas yang direbus dengan bahan khusus. Bumbu dan tehnik pemasakannya yang sedikit berbeda, menjadikan pindang patin Garut disukai banyak orang.

5.Burayot

Garut memiliki jajanan tradisional yang disebut dengan Burayot yaitu makanan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kacang tanah. Bentuk burayot cukup unik seperti bundar dan keriput. Rasa yang ditampilkan adalah manis dan gurih.

6. Ladu

Ladu merupakan cemilan dengan rasa yang super manis . Makanan khas Garut ini terbuat dari ketan dicampur dengan gula aren dan parutan kelapa. Tekstur Ladu mirip seperti dodol namun agak keras dan kasar.

7. Dorokdok

Dorokdok adalah makanan yang dijadikan oleh oleh khas dari Garut. Terbuat dari olahan kerupuk kulit terbaik dari kulit sapi atau kerbau. Makanan ini sanagat diburu oleh wiatawan karena selain enak juga memiliki rasa yang banyak, mulai dari original hingga rasa super pedas.

8. Emplod

Namanya cukup unik seperti bentuknya yang bulat menyerupai telur kecil. Diproduksi dengan variasi rasa mulai rasa original, gurih, manis hingga pedas. Nama lain dari emplod adalah endoq lewo. Bisa dibeli secara online juag di beberapa marketplace.

9. Opak

Merupakan olehan masakan yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan yang dibumbui dengan menggunakan garam, gula dan kelapa parut serta bumbu penyedap. Rasa opak yang gurih dan renyah, menyebabkan opak cocok dijadikan oleh oleh. Bungbulang adalah salah satu dari merk opak yang terkenal di Garut.

10. Keripik Moring

Merupakan makanan ringan yang terbuat dari olahan tepung kanji. Namanya diambil dari singkatan cimol kering, dibentuk menjadi keripik. Tersedia dengan berbagai rasa pilihan seperti barbeque, keju, pedas dan original.

Semoga saja informasi diatas bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuka usaha dan bisnis makanan khas garut serta menjadikan Kuliner Khas Garut menjadi destinasi wisata edukasi budaya.(DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This