No menu items!

Manfaat Kinerja BUMN Bagi Pelayanan Umum

Must Read

Masyarakat wilayah Lampung kini sudah bisa menikmati manfaat dan keindahan dari bendungan way Sekampung di Banjarejo kec. Banyumas, kabupaten pringsewu. Bendungan yang telah dibangun selama 5tahun dari tahun 2016 ini telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada bulan September 2021.

Bendungan yang berkapasitas 68 juta meter kubik dengan luas genagang 800 hektar ini mampu menyediakan air hingga 2.737 liter per detik.

Diyakini dapat menjadi sumber pembangkit tenaga listrik berkekuatan 5,4 mega Watt, sehingga diharapkan bisa mengairi 55 ribu hektare daerah irigasi dan membantu persediaan lumbung padi Nasional.

Selain menjaga ketersediaan sumber daya air, bendungan Way Sekampung memiliki pesona bagi masyarakat, mulai dari pintu masuk utama bendungan yang dibangun indah dengan spot spot foto menarik, hingga keindahan jembatan yang mencapai 300 meter.

Keberadaan bendungan way Sekampung merupakan salah satu bukti keberhasilan BUMN dalam menjalankan fungsinya sebagai pelaksana atau inisiatif mengembangkan usaha serta meningkatkan kapasitas infrastruktur bisnis yang dijalankan BUMN. BUMN sendiri merupakan organisasi milik negara yang telah ada sejak tahun 1973.

Awalnya organisasi ini merupakan bagian dari unit kerja di lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia, selanjutnya oraganisasi tersebut mengalami beberapa kali perusahaan dan perkembangan.

Tugas utama BUMN adalah membantu presiden dalam mengelola barang milik negara dan pembinaan badan usaha secara entitas langsung maupun tidak langsung.
Sesuai logonya, BUMN lebih mengutamakan bidang usaha untuk masyarakat luas. Seperti sumber daya alam, komunikasi, listrik dan transportasi umum.

Bukan itu saja, peran BUMN juga membantu usaha kecil golongan lemah, koperasi maupun ukm. Dan menjadi pelopor dalam sektor sektor yang belum diminati oleh usaha swasta.
Jadi tidak heran jika bendungan way Sekampung kini tidak hanya bermanfaat bagi sektor pertanian, tetapi juga berpotensi menjadi kawasan wisata air bagi masyarakat. (DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This