No menu items!

Pentingnya Sumber Daya Alam Bagi Manusia

Must Read

Kehidupan manusia di bumi dapat tetap terus berlangsung karena dari Sumber Daya Alam yang tersedia. Sehingga potensi yang sangat besar dapat dimanfaatkan untuk kehidupan. Itulah kenapa sangat pentingnya Sumber daya Alam bagi manusia.

Apa itu Sumber Daya Alam bagi Kehidupan Manusia ?

Mengingat pentingnya Sumber daya alam bagi manusia, mari kita mengenal lebih baik jenis sumber daya alam dan manfaatnya, sehingga kita bisa lebih bijak dalam penggunaannya.

Sumber Daya Alam dibagi dalam kategori berdasarkan sifatnya, jenisnya, lokasinya, pembentukannya, dan daya pakai serta nilai ekonomisnya.

Sumber Daya Alam berdasarkan sifatnya dibagi dalam dua kategori, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui seperti hewan, tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui atau terbatas seperti bahan tambang atau galian .

Sedangkan berdasarkan jenisnya, Sumber Daya Alam dikelompokan menjadi dua jenis antara lain Sumber Daya Alam Hayati ( Biotik ) yang berasal dari mahkluk hidup seperti tumbuhan dan hewan, serta jenis kedua sumber daya alam non hayati ( abiotik ) yang berasal dari benda benda mati yaitu tanah, air, dan hasil tambang.

Jenis Sumber Daya Alam

SDA Akuatik dan Terrestrial adalah dua kelompok, Sumber daya alam berdasarkan lokasi yang meliputi wilayah perairan yang banyak djumpai antara lain hewan laut seperti ikan, udang , serta tumbuhan laut berupa rumput laut. Sedangkan Terrestrial hanya didapat dari daratan seperti hutan dan hasil tambang.

Jika sumber daya alam yang diperoleh dari hasil penambangan dan pengolahannya maka termasuk berdasarkan pembentukannya. Sementara itu minyak bumi, batu bara, gas bumi, sinar matahari adalah kelompok SDA energi berdasarkan pembentukannya, berupa hasil yang bisa dimanfaatkan.

Letak astronomis, tipografi masuk dalam SDA ruang ditambah pengelompokan terakhir yaitu sumber daya Waktu dimana keberadaannya tergantung musim atau waktu seperti air .

Terakhir kategori Sumber Daya Alam berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya, seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara, dan yang tidak ekonomis seperti sinar matahari, udara, dan air.

Secara umum, pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup manusia.

Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia

Memenuhi Kebutuhan Pangan Manusia

Salah satu manfaat dari sumber daya alam yang penting merupakan sebagai pemenuh kebutuhan pangan manusia dan juga hewan. Sumber daya alam yang berdasarkan flora dan fauna adalah sumber daya utama untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Bahan Bakar dan Energi

Adanya sumber daya alam atau SDA sangat penting bagi kebutuhan sumber energi dan bahan bakar bagi kehidupan kita sehari-hari. Selain itu tidak hanya penting untuk kebutuhan sehari-hari tetapi juga untuk kebutuhan industri.

SDA berupa minyak bumi dan gas alam misalnya, bermanfaat sebagai sumber bahan bakar yang bisa menghidupkan listrik, kendaraan bermotor, juga kompor yang bisa digunakan untuk mengolah makanan.

Tidak hanya minyak bumi dan gas alam, energi matahari dan angin pun sudah mulai digunakan sebagai pengganti minyak bumi dan gas untuk sumber energi dan bahan bakar.

Sebagai Energi Pembangkit Listrik

Seperti telah disebutkan di poin ke 2, salah satu manfaat menurut SDA merupakan sebagai tenaga pembangikt listrik yang sangat diharapkan oleh rakyat.

Dengan memakai bahan bakar minyak bumi ataupun menggunakan menggunakan energi matahari, sumber daya alam akan dikonversi menjadi energi listrik.

Membantu Pengembangan Teknologi

Teknologi merupakan hal yang terus berkembang tanpa henti. Untuk mengembangkan teknologi menjadi lebih canggih, dibutuhkan sumber daya alam yang merupakan unsur penting dalam hal ini.

Secara sadar ataupun tidak, cepat atau lambat, segala macam wujud pengembangan teknologi yang kita rasakan sudah pasti membutuhkan sumber daya alam.

Karena dalam proses penelitian maupun produksi sebuah teknologi pasti membutuhkan sumber daya dari alam untuk menyelesaikannya sehingga kedepannya akan mempermudah keseharian kita.

Suplai Oksigen

Oksigen merupakan unsur yang sangat krusial bagi kehidupan mahluk hayati di bumi ini. Untuk itu apabila tidak ada oksigen pada udara maka dipastikan tidak akan terdapat mahluk hidup yang sanggup bertahan & dikhawatirkan akan cepat punah.

Oksigen yang merupakan unsur krusial bagi mahluk hidup banyak dihasilkan oleh pepohonan atau flora-flora.

Menjaga Keseimbangan Alam

Selain berfungsi menunjang kebutuhan hidup manusia, sumber daya alam juga memiliki peran dalam menjaga keseimbangan alam dan juga kelestarian bumi.

Tidak sepatutnya kita mengeksploitasi SDA secara besar-besaran tanpa diimbangi oleh pelestariannya.

Sumber daya yang tidak dijaga dan dieksploitasi secara berlebihan akan rusak dan habis.

Kalau saja alam tidak lagi seimbang karena keserakahan manusia, sehingga akibatnya yang paling fatal adalah akan terjadinya bencana alam dimana-mana dimana dimulai dari perubahan iklim yang begitu cepat.

Sebagai Sumber Mata Pencaharian

Manusia membutuhkan pendapatan dari mata pencaharian yang mereka lakukan untuk terus bertahan hidup, yaitu :

  • Para pekerja tambang yang menggantungkan hidupnya dari hasil tambang
  • Pekerja di rig lepas pantai yang hidupnya menggantung pada hasil minyak bumi
  • Petani yang kehidupannya bergantung pada sumber daya alam seperti tumbuh-tumbuhan, tanah, air, agar hasil panennya bagus dan bisa dijual.

Sebagai Cadangan Devisa Bagi Negara

Devisa merupakan salah satu media yang digunakan oleh negara untuk melaksanakan transakasi legal secara internasional. Jadi melimpahnya kekayaan alam di indonesia ini dimanfaatkan oleh negara untuk kelancaran berjalannya ekonomi di indonesia.

Demikian tadi penjelasan mengenai apa itu sumber daya alam. Semoga bermanfaat.(DM06)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This