No menu items!

Mengintip Makanan Khas Subang yang Menggoda Selera

Must Read

Subang adalah kota kecil di Jawa Barat, letaknya bertetangga dengan daerah Lembang. Meskipun kota kecil ternyata kota ini menyimpan sejumlah hidangan yang lezat, seperti karedok, oncom Dawuan dan nasi timbel. Jika anda menyukai nasi beraroma daun yang mengugah selera, maka cobalah nasi timbel.

Di Subang tidak sulit menemukan penjual nasi dibungkus dengan daun pisang ini. Biasanya dari pedagang yang hanya mangkal di pinggir jalan sampai rumah makan pasti menyediakan nasi ini.

Alasannya mungkin karena aroma daunnya yang khas, sehingga nasi timbel banyak disukai, karena kabarnya daun pisang yang digunakan dipilih dari daun pisang manggala, karena tekstur daunnya lebih mudah digunakan buat membungkus.

Sebenarnya membuat nasi timbel sama sekali tidak sulit, begitu nasi matang, uapnya dibuang terlebih dahulu, kemudian digulung dalam daun pisang sambil dipadatkan.

Sebelumnya nasi timbel merupakan bekal para petani saat pergi ke sawah, dibungkus sedemikian rupa agar lebih praktis dan mudah dalam membawanya. Namun akhirnya nasi ini justru populer menjadi nasi khas di daerah Subang.

Salah satu yang menyediakan nasi timbel adalah saung semi permanen di pinggir jalan kota subang bernama citra rasa. Meskipun lokasinya tidak begitu besar, saung semi permanen dengan gerobak sederhana dan dilengkapi beberapa meja dan kursi ini menyediakan nasi timbel yang nikmat.

Tentu saja cita rasanya sudah tidak diragukan lagi, sehingga wajar saja jika para pengunjungnya selalu ramai, terutama saat jam makan siang. Selain itu dari segi kebersihan cukup baik dan rapi.

Saung citra rasa ini berada di Jalan Marsinu No. 5 Dangdeur kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Menu yang disediakan sangat bervariasi, yaitu menyediakan menu favorit lainnya seperti karedok dan cobek nila dengan bumbu ciri khas masakan Sunda.

Jadi jika Anda berkesempatan ke subang cobalah mampir di saung citra rasa untuk mencicipi nasi timbel khas dari kota Subang. (DM06)

Calvin Kizana Ditunjuk Sebagai Head of WhatsApp Pertama di Indonesia

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertama di Indonesia. Calvin memulai peran barunya hari ini dari kantor...

More Articles Like This