No menu items!

Kunjungi KB Innovation Hub, Dubes Gandi Janji Fasilitasi Akselerasi ‘Start-Up’ Indonesia ke Korsel

Must Read

Catat gaes. Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto siap memfasilitasi akselerasi usaha rintisan (start-up) Indonesia ke Korea Selatan. Alasannya, perkembangan ekonomi digital RI dan Korea penting bagi kemajuan start up.

“Perkembangan ekonomi digital, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan, sangatlah pesat, khususnya kemajuan start-up. Untuk itu, KBRI Seoul fokus untuk memfasilitasi akselerasi start-up Indonesia ke Korsel dan sebaliknya,” kata dia dalam keterangan tertulis dari KBRI Seoul yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/2/2022).

Hal tersebut diungkapkan Gandi saat berkunjung ke KB Innovation Hub, sebuah inkubator start-up Korsel, pada Jumat (11/2/2022).

“Terlebih lagi, transformasi digital merupakan salah satu dari tiga tema besar yang diusung Presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022,” tambahnya.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes RI menekankan harapannya agar start-up Korsel dapat mencari mitra usaha Indonesia yang cocok dan setara.

Dia menghimbau start-up Korea untuk tidak memandang Indonesia hanya sebagai pasar, tapi juga bersama-sama menciptakan kemajuan yang berdampak positif untuk masyarakat, termasuk penciptaan lapangan pekerjaan yang memberikan pendapatan lebih tinggi dan dukungan pada daerah pedesaan dengan infrastruktur yang kurang memadai.

Namhoon Cho, Chief Global Strategy Officer dari KB Financial Group, menyampaikan bahwa KB memandang penting Indonesia sebagai perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan oleh karena itu KB tertarik untuk mengembangkan sayap usahanya ke Indonesia.

Sejak tahun 2021, KB tercatat telah mengakuisisi Bank Bukopin. Lewat KB Innovation Hub, KB turut mendukung terciptanya banyak talenta di bidang industri digital Korsel.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula lima start-up Korsel yang menyampaikan paparan, yaitu My Things (smart farm), Soft Berry (mobility), Lucent Block (prop tech), Gomi Corporation (e-commerce), dan AI Zen (fin tech).

Kelima start-up tersebut sangat antusias untuk menemukan mitra usaha di Indonesia untuk pengembangan usaha.

Plug and Play Indonesia, yang merupakan akselerator start-up di Jakarta, hadir secara daring dan menyampaikan paparannya.

Kunjungan Dubes Gandi ke KB Innovation Hub merupakan kunjungan pertama Kepala Perwakilan RI ke pusat start-up yang dikembangkan oleh Kookmin Bank/KB, sebuah konglomerasi usaha yang diawali dari sektor perbankan.

Berlokasi di daerah Gangnam, Seoul, jumlah investasi KB Innovation Hub kepada start-up Korsel mencapai 1,06 miliar won (Rp12,7 miliar). Hingga Desember 2021, KB Innovation Hub membina 156 start-up yang bermitra dengan 222 perusahaan dari Korsel dan negara lain.(DM04)

Calvin Kizana Ditunjuk Sebagai Head of WhatsApp Pertama di Indonesia

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertama di Indonesia. Calvin memulai peran barunya hari ini dari kantor...

More Articles Like This