No menu items!

Andalkan Tiga Airbus, Transnusa Jalani Uji Operasional Untuk Dapatkan Izin Komersial

Must Read

Pesawat Transnusa Airbus A320 Neo PK-TLA dengan nomor penerbangan 8B 532 berhasil melakukan uji operasional (proving flight) dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Proving flight ini untuk mendapatkan izin operasi komersial yang kini memiliki armada tiga unit pesawat Airbus A320.

“Kesuksesan uji operasional ini merupakan tonggak dari proses re-sertifikasi operator penerbangan atau AOC sebelum Transnusa beroperasi kembali dengan armada pesawat dan sejumlah rute yang baru,” kata Direktur Utama Transnusa Bayu Sutanto dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (5/2/2022).

Bayu yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional (INACA) mengatakan uji operasional sukses mendarat di landas pacu 11 YIA setelah menjalani penerbangan selama 1 Jam 25 menit dari Bandara Soekarno-Hatta.

Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 10.20 WIB dan mendarat di Cengkareng pada pukul 11.45 WIB.

Sebagai informasi proving flight adalah proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai dalam mengoperasikan pesawat udara di sejumlah rute yang diterbangi dan merupakan bagian dari proses re-sertifikasi asessmen dalam pemberian AOC (Air Operator Certificate) sebelum melakukan penerbangan komersial.

Uji operasional kali ini dipimpin oleh Capt Rio Charles Martinez yang didampingi Capt Pindonta Tarigan beserta awak kabin, serta pihak terkait dari Direktorat Kelayakan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) sebagai asesor.

Ditambahkan pula bahwa setelah uji operasional dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Yogyakarta International Airort , akan dilanjutkan uji operasional ke Bandara Eltari Kupang  serta bandara – bandara lain nya yaitu Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar serta Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. 

Diharapkan setelah melakukan uji operasional selama 5 hari dengan baik dan setelah melengkapi dokumentasi, AOC baru akan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub RI sehingga Transnusa bisa segera beroperasi penerbangan komersialnya dengan armada pesawat Airbus A320 sebanyak 3 unit.(DM04)

Calvin Kizana Ditunjuk Sebagai Head of WhatsApp Pertama di Indonesia

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertama di Indonesia. Calvin memulai peran barunya hari ini dari kantor...

More Articles Like This