No menu items!

Rekor Terbanyak di RI, Pertamina Gelar Operasikan 19 Rig Migas di Blok Rokan

Must Read

PT Pertamina (Persero) saat ini tengah menggenjot produksi migas blok Rokan. Caranya, dengan menggeber operasikan 19 rig pengeboran dengan cara yang efisien di Blok Rokan, Provinsi Riau. Ini rekor terbanyak pengoperasian rig dalam satu wilayah kerja migas di Indonesia
 
Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan (PHR) Jaffee Arizon Suardin mengklaim pengoperasian 19 rig pengeboran ini merupakan yang terbanyak di Indonesia.
 
“Kami berhasil mengebor 31 sumur baru sepanjang bulan Januari 2022. Artinya, kami mampu mengebor rata-rata satu sumur per hari,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Kamis (3/2/2022).
 
Jaffee menyiapkan  berbagai terobosan yang dilakukan telah membuat waktu pengerjaan sumur menjadi lebih efisien dan meningkatkan hampir dua kali lipat.
 
Menurutnya, hal ini sejalan dengan semangat Pertamina untuk meningkatkan produktivitas melalui cara-cara yang efisien.
 
Pertamina Hulu Rokan mencanangkan pengeboran 400-500 sumur baru sepanjang tahun ini dengan target produksi rata-rata tahunan sekitar 180 ribu barel minyak per hari (BOPD).

“Kami akan mengoperasikan 20 rig pengeboran agar target itu bisa tercapai,” kata Jaffee.
 
Ketika alih kelola Blok Rokan dari operator sebelumnya pada 9 Agustus 2021 lalu, Pertamina Hulu Rokan hanya mengoperasikan sembilan rig pengeboran.
 
Setelah lima bulan berlangsung Pertamina Hulu Rokan lantas menambah jumlah rig pengeboran menjadi 18 rig. Rencana kerja yang masif dan agresif itu berhasil menaikkan produksi blok minyak dan gas terbesar kedua di Indonesia dengan mengebor lebih dari 130 sumur baru pada tahun lalu.
 
Selain mengebor sumur baru, optimalisasi produksi Blok Rokan juga ditempuh dengan menjaga kinerja base production. Dari 29 rig workover atau rig kerja ulang yang beroperasi saat ini, rencananya akan ditambah hingga 36 rig kerja ulang.
 
Jaffee mengatakan tingkat produksi wilayah kerja migas yang berlokasi di Riau ini sangat penting dalam mendukung ketahanan energi nasional karena Blok Rokan menyumbangkan hampir 25 persen dari total produksi minyak nasional.(DM04)

Riset: Dompet Digital Paling Dipilih Masyarakat Indonesia

Hasil riset terbaru yang dilakukan InsightAsia bertajuk ‘Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook’ menunjukan dompet digital semakin menjadi...

More Articles Like This