No menu items!

Bantu UMKM, OJK Bidik Pendanaan Crowdfunding Rp 251 Miliar Pada 2022

Must Read

Ini strategi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggenjot raising fund melalui skema pembiayaan alternatif security crowdfunding di pasar modal. Membidik dana Rp 251 miliar atau meningkat 9,94 persen dibandingkan tahun lalu, OJK berencana memperluas penggalangan dana ini.

“Perluasan raising fund melalui security crowdfunding di pasar modal dengan target pendanaan pada 2022 sebesar Rp 251 miliar, pada 2021 sebesar Rp 228,29 miliar,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam keterangan tulis, Kamis (3/2/2022).

Wimboh mengatakan security crowdfunding bertujuan untuk memberikan dukungan peningkatan akses keuangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Terutama diprioritaskan bagi UMKM yang memperoleh surat perintah kerja (SPK) pemerintah.

“Potensinya cukup besar terutama adalah SPK-SPK dari kementerian. Ini yang akan kami prioritaskan raising fund di pasar modal melalui security crowdfunding,” katanya.

Kebijakan untuk mencapai target penyaluran pembiayaan sebesar 30 persen bagi UMKM pada 2024, menurut dia, juga akan didukung oleh peran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah. Hal ii dilakukan dengan perluasan dan percepatan penyerapan KUR Klaster, perluasan kredit atau pembiayaan melawan rentenir yang hingga kuartal III 2021 telah menyalurkan sebesar Rp 1,3 triliun kepada 133.900 debitur, perluasan pendirian bank wakaf mikro (BWM) dari 60 BWM pada 2021 dan ditargetkan menjadi seratus BWM.

“Kemudahan UMKM go public, simplifikasi ketentuan branchless banking, serta optimalisasi platform UMKM-MU dengan target 1.500 pelaku UMKM yang onboarding dengan penambahan jumlah produk yang di-listing dan didigitalkan sebanyak tiga ribu produk,” ucapnya.

Selain itu, dukungan OJK bagi UMKM berupa kebijakan restrukturisasi kredit atau pembiayaan yang telah dirasakan manfaatnya oleh lebih dari 3,1 juta debitur, diperpanjang hingga 2023.(DM04)

Latest News

Masif dan Agresif Pertamina Lanjutkan Eksplorasi Dukung Ketahanan Energi

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina berkomitmen memberikan kontribusi terbaiknya pada pencapaian ketahanan energi negeri. Dalam...

More Articles Like This