No menu items!

Senilai Rp 822 Juta, Gubernur Kepri Lepas Ekspor Sirip Pari ke Hong Kong

Must Read

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad melepas ekspor produk perikanan sirip Pari Lontar dan Pari Kupu-Kupu sebanyak 1.272 kilogram ke Hong Kong. Ekspor dilakukan dengan pesawat terbang melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang, Sabtu (11/12).

Ekspor produk tersebut dilakukan oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Tanjungpinang. Nilainya mencapai sekitar Rp 822 juta.

Gubernur Ansar mengapresiasi BKIPM, PT Angkasa Pura II, PT Garuda Indonesia, dan Bea Cukai, yang telah berkolaborasi sehingga kegiatan ekspor ini dapat dilaksanakan lebih baik.

Pihak-pihak terkait, katanya, telah membantu, membina, menjaga mutu, kualitas komoditas ekspor dari Kepri. Ia juga mengajak semua pemangku kepentingan berkomitmen terus memperbaiki dan meningkatkan ekonomi masyarakat serta pelayanan bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kebersamaan ini ke depan bisa mensejahterakan masyarakat,” ujar Ansar Ahmad.

Mantan Bupati Bintan itu turut meminta Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepri mempelajari komoditas biota laut agar bisa diberdayakan untuk kegiatan ekspor. Kemudian, menginventarisir komoditas yang dihasilkan Kepri yang selama ini ekspornya melalui jalur-jalur perantara.

“Ke depan kita fasilitasi bersama-sama agar semua komoditi-komoditi ekspor yang ada di Kepri ini bisa langsung diekspor, tanpa melalui perantara seperti lewat Singapura dan Surabaya. Apalagi pajaknya masuk ke daerah lain,” ucap Gubernur Ansar.

Sementara Kepala BKIPM Tanjungpinang Felix Tumban Tobing mengatakan pihaknya selalu meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagaimana lembaga sertifikasi ikan dan pengelolaan perikanan maupun dalam hal lembaga inspeksi laboratorium penguji.

Untuk Unit Pengelolaan Ikan (UPI), katanya, semua sudah bersertifikat HACCP, terkecuali Batam. Menurutnya, ada 38 UPI mulai dari Bintan, Tanjungpinang, Natuna, Karimun dan Lingga juga ekspor ke China, Singapura, Malaysia, Vietnam, Australia, dan Hong Kong.(DM04)

Riset: Dompet Digital Paling Dipilih Masyarakat Indonesia

Hasil riset terbaru yang dilakukan InsightAsia bertajuk ‘Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook’ menunjukan dompet digital semakin menjadi...

More Articles Like This