No menu items!

Jadi Bahan Baku Key Fluid Mobil Diesel, RI Siap Pasok Urea ke Korea 120.000 Ton/Tahun

Must Read

Korea Selatan memastikan bakal mengimpor sekitar 120.000 ton urea setiap tahun dari Indonesia selama 3 tahun ke depan. Menurut Kementerian Perindustrian Korea Selatan kesepakatan impor urea Indonesia ini merupakan strategi mencegah krisis pasokan bahan baku industri di negara ginseng itu.

“Kami menyambut baik kerja sama ini dan berharap ekspor urea dari Indonesia bisa meningkat serta kerja sama antar Indonesia-Korea semakin kuat. Tidak hanya urea, tetapi potensi lainnya untuk meningkatkan kerjasama ekonomi diantara kedua negara akan terus didorong,” ujar Duta Besar RI untuk Korea Gandi Sulistiyanto melalui rilis Rabu (8/12/2021).

Kepastian ini merupakan tindak lanjut penandatanganan MoU antara Menteri Perindustrian Korea Selatan Moon Sung-wook dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia Erick Thohir untuk meningkatkan kerja sama bilateral dalam pasokan urea pada Senin (6/12/2021).

Korea Selatan saat ini berupaya menghindari ketergantungan pasokan impor urea, yang diperlukan dalam pembuatan key fluid bagi mobil diesel untuk mengurangi emisi, pada salah satu negara. Ini untuk memastikan rantai pasokan urea lebih stabil, menyusul kekurangan pasokan karena pembatasan ekspor China pada bulan Oktober lalu.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Indonesia akan mengirimkan sekitar 120.000 ton urea per tahun ke Korea Selatan selama 3 tahun ke depan. Jumlah tersebut setara dengan sekitar sepertiga dari total volume impor tahunan Korea Selatan. Seperti diketahui Negeri Gingseng telah membeli rata-rata 370.000 ton urea untuk keperluan industri setiap tahun.

Sebagai tahap awal, Indonesia sepakat untuk mengirim 10.000 ton urea pada pertengahan Desember ini yang diharapkan tiba di Korea paling lambat awal bulan depan.

“Indonesia adalah negara yang dapat menjadi pemasok stabil urea bagi kami mengingat volume produksinya. Tingkat kerja sama ekonomi bilateral dan kedekatan geografis,” ujar Moon dalam rilis Kementerian Perindustrian Korea Selatan.

Selama ini lebih dari 97 persen impor urea Korea Selatan didatangkan dari China pada 9 bulan pertama tahun ini. Pilihan impor urea dari Indonesia akan mengurangi ketergantungan yang besar pada negara tetangga tersebut.(DM04)

Riset: Dompet Digital Paling Dipilih Masyarakat Indonesia

Hasil riset terbaru yang dilakukan InsightAsia bertajuk ‘Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook’ menunjukan dompet digital semakin menjadi...

More Articles Like This