No menu items!

PLN Pulihkan 30 Gardu, 7.508 Korban Erupsi Semeru Kembali Dapat Aliran Listrik

Must Read

Ini kerja cepat PT PLN (Persero). BUMN listrik ini mengklaim telah memulihkan 30 gardu listrik dari total 112 gardu listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

“Kami telah memulihkan dan menyalakan kembali 30 gardu terdampak. Alhasil sudah ada 7.508 pelanggan terdampak telah mendapatkan suplai listrik,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Sabtu (4/12/2021).

Adi menjelaskan sebanyak 112 gardu yang terdampak erupsi tersebut mengakibatkan 30.523 pelanggan mengalami pemadaman listrik.

Saat ini, perseroan masih berupaya memulihkan 82 gardu distribusi dan 23.015 pelanggan yang terdampak pemadam listrik.

Petugas PLN masih belum bisa menjangkau beberapa daerah yang masih padam karena akses jalan utama berupa jembatan Perak Piketnol yang roboh akibat erupsi.

Akses menuju lokasi masih tertutup akibat patahnya jembatan Perak di Pronojiwo, sehingga petugas harus menunggu sampai akses jalanan kembali dibuka dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan seluruh personil berkoordinasi dengan BPBD dan TNI Polri.

Adi mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi turunnya abu panas lanjutan di tengah intensitas hujan dan cuaca ekstrem.

“Masyarakat jangan berada di dekat jaringan listrik, gardu, panel penerangan jalan umum ataupun pohon yang berpotensi roboh ketika terjadi cuaca ekstrem,” ucapnya.

Sebelumnya Gunung Semeru tercatat menggugurkan awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.20 WIB.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.(DM04)

Calvin Kizana Ditunjuk Sebagai Head of WhatsApp Pertama di Indonesia

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertama di Indonesia. Calvin memulai peran barunya hari ini dari kantor...

More Articles Like This