No menu items!

Sebut Garuda Sudah Bangkrut Secara Teknis, Begini Penjelasan Wamen BUMN Kartika

Must Read

Ini penjelasan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo tentang kondisi PT Garuda Indonesia (Persero). Menurut dia maskapai penerbangan pelat merah itu sudah bangkrut secara teknis karena merugi sejak 2017. Namun secara legal masih operasi.

“Sebenarnya kalau dalam kondisi seperti ini, kalau di istilah perbankan, bangkrut secara teknis tapi secara legal belum,” ujar Tiko saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Menurut Tiko, sebutan akrab Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, ekuitas Garuda negatif sebesar 2,8 miliar dolar AS atau Rp 40 triliun per September 2021, dengan tambahan ekuitas negatif mencapai 100 juta dolar AS sampai 150 juta dolar AS atau Rp 1,5 triliun hingga Rp 2 triliun setiap bulan.

Tiko menilai status tersebut akibat tak terbayarkannya kewajiban jangka panjang, termasuk global sukuk. Dia mengatakan Garuda pun memecahkan rekor untuk neraca negatif yang sebelumnya terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Menurut dia, utang Garuda kini mencapai 9,7 miliar dolar AS dengan aset sebesar 6,9 miliar dolar AS dan ekuitas negatif sebesar 2,8 miliar dolar AS. “Neraca Garuda mengalami negatif ekuitas 2,8 miliar dolar AS, ini rekor, dulu rekor dipegang Jiwasraya, sekarang dipegang Garuda,” ucap Tiko.

Tiko menyebut persoalan ini semakin diperparah dengan pemberlakuan PSAK 73 pada 2020 dan 2021. Hal ini yang membuat dampak penurunan ekuitas semakin dalam lantaran pengakuan utang masa depan lessor.(DM04)

Latest News

Wajib Diwaspadai! 5 Macam Penipuan yang Mengatasnamakan Kredivo

Makin ke sini, penipu makin pintar sekali mengelabui banyak orang untuk kepentingan pribadi. Sebut saja penelepon asing yang memberitahu...

More Articles Like This