No menu items!

Genjot Ekspor Porang dan Sarang Burung Walet, Ini Penjelasan Kementan

Must Read

Porang dan sarang burung walet menjadi pilihan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk digenjot sebagai andalan ekspor. Menurut Sekretariat Jenderal Kementan Kasdi Subagyono mengatakan dua komoditas tersebut memiliki peluang besar menembus pasar luar negeri.

“Saat ini kita fokus pada dua komoditi, yang dihasilkan dari ratas beberapa waktu lalu, yaitu porang dan sarang burung walet,” kata Kasdi dalam acara webinar mengenai Kemudahan dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Sektor Pertanian Paca Terbitnya UU Cipta Kerja yang dipantau di Jakarta, Senin (2/8/2021).

Kasdi mengungkapkan fokus pemerintah adalah meningkatkan produktivitas hasil pertanian untuk dilakukan ekspor dalam jumlah yang lebih besar. Salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas yaitu dengan membuka peluang investasi di sektor pertanian bagi pelaku usaha dalam dan luar negeri.

“Kita menggerakkan untuk upaya ekspor, bagaimana menggerakkannya? Dengan memberikan peluang kemudahan berusaha bagi para pelaku usaha dan membuka seluasnya kesempatan, dan pengetahuan untuk bisa kelola porang dan sarang burung walet,” kata Kasdi.

Dia menyebutkan saat ini pasar ekspor untuk komoditas sarang burung walet dari Indonesia adalah China. Sementara untuk komoditas umbi porang paling besar diekspor ke China dan Jepang.

Berdasarkan data Badan Karantina Pertanian, ekspor porang Indonesia mencapai 14,8 ribu ton pada semester I 2021. Jumlah ini melampaui angka ekspor pada semester I 2019 (yoy) dengan jumlah 2,7 ribu ton atau meningkat 160 persen. Sedangkan volume ekspor sarang burung walet terus mengalami peningkatan sejak 2015 hingga 2020, yaitu mulai dari 800 ton pada 2015 menjadi 1300 ton di tahun 2020.

Kasdi mengungkapkan ekspor pertanian pada tahun 2020 naik 15,5 persen dengan nilainya  Rp451 triliun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp390 triliun. Kasdi menyebut peningkatan jumlah ekspor pertanian masih didominasi dari subsektor perkebunan seperti kelapa sawit.(DM04)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This