No menu items!

Meski Pandemi Mengamuk, Mendag M Lutfi Beberkan Bukti Pertumbuhan Ekonomi RI Sangat Baik

Must Read

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen per bulan Maret 2021 sudah positif dan di bulan Mei sudah mencapai 104%. Artinya, keyakinan konsumen untuk berbelanja di kala itu sudah menjadi baik dibandingkan di bulan April tahun lalu.

“Indikasi ekspor impor pun terlihat sangat baik, surplus Rp10,8 miliar tahun 2021, dan pertumbuhan kegiatan perekonomian di dalam negeri sangat baik,” ujar Lutfi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin(5/7/2021).

Misalnya, beberapa indikator yang sangat penting yang menunjukkan kepercayaan konsumen untuk membeli, seperti penjualan kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat, dibandingkan dengan Januari-Mei tahun lalu sudah jauh lebih baik.

“Pertumbuhannya sangat baik sekali, bahkan industri motor itu telah tumbuh 1065% dibandingkan tahun lalu, artinya pertumbuhannya sangat sehat,” ungkap Lutfi.

Begitu juga dengan mobil, dengan pertumbuhan 275% yoy. Artinya, industri kendaraan bermotor sudah kembali pada track yang biasanya.

“Kalau kita lihat misal pembelian mobil sekarang itu 1,1 juta, tahun lalu cuma sekitar 550 ribu. Karena ini sekarang sudah double digit di Januari-Mei 2021, menandakan kita sudah kembali pada track yang biasanya,” imbuhnya.

Lutfi juga mencatat penjualan ritel sudah naik, pada April tahun ini mencapai 15,6% dibandingkan April tahun lalu. Sekarang, jika melihat pada bulan Mei 2021 sudah naik 12,9% yoy.

Konsumsi listrik yang berada di angka 16,6% dibandingkan tahun lalu menunjukkan perekonomian sudah berjalan normal. “Dan juga angka konsumsi semen naik 15,4% yoy yang menandakan adanya pergerakan positif di sektor properti,” pungkas Lutfi. (DM05)

Latest News

Genjot Peningkatan Produksi Pangan Asal Ternak, Kementan Gandeng Pelaku Usaha

Dalam upaya peningkatan produksi pangan, khususnya pangan asal ternak untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dan tujuan ekspor, Kementerian Pertanian...

More Articles Like This